NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM DENIAS SENANDUNG DI ATAS AWAN

ROSANA, NURHUDA DEWI (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM DENIAS SENANDUNG DI ATAS AWAN. Skripsi thesis, UIN SYAIFFUDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROSANA NURHUDA DEWI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM DENIAS SEANANDUNG DI ATAS AWAN .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter adalah dasar pengembangan kualitas berbangsa dan bernegara bagi rakyat Indonesia dengan ridak meninggalkan nilai-nilai sosial seperti kejujuran , toleransi, cinta tanah air, kerjasama, cinta damai, dan lain sebagainya. Pendidikan karakter akan menciptakan pribadi-pribadi yang unggul yang tidak hanya mempunyai kemampuan kognitif saja. Namun juga memiliki karakter yang mampu mewujudkan kesuksesan dalam kerangka dasar kepribadian yang baik. Ada banyak cara mempelajari pendidikan karakter dalam pendidikan yaitu salah satunya dengan menggunakan media film. Salah satu contohnya adalah film Denias Senandung di Atas Awan karya Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Denias Senandung di Atas Awan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Denias Senandung di Atas Awan. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka atau library research. Dengan menggunakan sumber data primer film Denias Senandung di Atas Awan sedangkan sumber data sekundernya menggunakan buku, jurnal, skripsi, dan artikel yang berkaitan dengan judul. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan data dengan dokumentasi yaitu dengan metode simak, catat, dan simpulkan dan dibuat dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film Denias Senandung di Atas Awan karya Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale ini terdapat nilai-nilai pendidikan karakter serta memiliki relevansi dengan pendidikan agama islam. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Denias Senandung di Atas Awan antara lain yaitu cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, rasa ingin tahu, kreatif, semangat kebangsaan, peduli sosial, kerjasama, tanggung jawab, dan religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Nilai Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter Dalam Film, film Denias Senandung di Atas Awan
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosana Nurhuda Dewi sdr
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:15
Last Modified: 10 Oct 2022 02:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16112

Actions (login required)

View Item View Item