UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMP MUHMMADIYAH SUMBANG

Riyan Hidayat, 1123301042 (2015) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMP MUHMMADIYAH SUMBANG. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
RIYAN HIDAYAT_UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMP MUHMMADIYAH SUMBANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (739kB) | Preview

Abstract

Masa remaja masa yang penuh gejolak, mereka diliputi rasa ingin tahu yang sangat tinggi hingga mereka melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai atau norma yang berlaku dimasyarakat. Efek negative globalisasi telah menjadikan remaja yang menyalah gunakan teknologi, seperti halnya, menonton televsi sampai larut malam dengan progam yang menarik akan memberikan dampak yang buruk bagi remaja apabila jam tayang sampai larut malam sehingga para remaja akan membolos sekolah karena bagun kesiangan, merokok, gaduh dalam kelas, mencontek ,berkelahi. Kondisi inilah yang perlu mendapat perhatian serius oleh guru PAI di sekolah, agar kenakalan-kenakalan tersebut tidak menjadi kebiasaan bagi anak didik tersebut. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Muhammadiyah Sumbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai bagaimana upaya yang dilakukan Guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Muhammadiyah Sumbang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi dan dokumentasi, angket. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Ada beberapa bentuk usaha yang dilakukanoleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa, yaitu bekerjasama dengan Guru BK , waka keiswaan, wali kelas serta kepala sekolah dengan tiga fase, pertama tindakan preventif, kedua represif dan ketiga kuratif. (2) Ada beberapa faktor yang mendukung usaha Guru PAI tersebut diantaranya ialah adanya kerjasama yang baik yang terjalin antara orang tua siswa dengan paraguru ( pihak sekolah ). Peran orang tua sangat besar bagi tercapainya usaha yangdilakukan oleh Guru PAI. Sedangkan faktor yang menghambat bagi kelancaranusaha Guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa diantaranya kurangnyakesadaran siswa utnuk mematuhi peraturan sekolah dan kurangnya pengawasan dari orang tua terhadap pergaulan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, dan Siswa atau Remaja.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Nov 2016 02:14
Last Modified: 18 Nov 2016 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1610

Actions (login required)

View Item View Item