MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN PURWOKERTO

FAIZATUL KHOTIMAH, NIM. 1123301133 (2015) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
FAIZATUL KHOTIMAH_MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena tentang kondisi pendidikan dewasa ini –khususnya di Indonesia- menunjukkan adanya indikasi terjadi ketidakseimbangan dalam proporsi pengajaran yang diberikan di lembaga pendidikan formal seperti SD/MI. Pendidikan yang diberikan lebih cenderung menekankan pada aspek kognitif dan kurang memerhatikan aspek emosi serta spiritual peserta didik. Rendahnya kualitas pembelajaran, termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), acapkali terkesan kering dan kurang bermakna. Dampak yang ditimbulkan tersebut membuat hati dan rasa solidaritas peserta didik menjadi buta. Namun, Pembelajaran PAI yang seperti apakah, yang dapat mewujudkan tujuan PAI khususnya dan tujuan Pendidikan Nasional pada umumnya? Karenanya, model pembelajaran PAI penting dilakukan. Untuk mewujudkan pendidikan yang holistik diperlukan pengalaman belajar yang mendukung. Pengalaman tersebut bergantung pada lingkungan belajarnya (lembaga pendidikan), Lembaga pendidikan tersebut salah satunya adalah model pesantren. Salah satu sekolah tingkat dasar yang menerapkan model pembelajaran pesantren di Banyumas adalah MIN Purwokerto. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan Di MIN Purwokerto Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di MIN Purwokerto berupa: model pembelajaran Pesantren, Tadzkirah, Kontekstual. Kuantum, Experience, Kooperatif dan terpadu. Sistem pembelajaran mengacu pada model pembelajaran di pesantren-pesantren modern yaitu dengan diajarkan berbagai macam ilmu, baik ilmu agama, ilmu umum, bahasa dan IPTEK. Model pembelajaran Pesantren merupakan back ground dari model-model Pembelajaran PAI yang diterapkan di MIN Purwokerto.Pembelajaran PAI tidak hanya berhenti pada ranah kognitif, namun juga pada afektif dan psikomotorik peserta didik. Oleh karena itu, model pembelajaran PAI sebagaimana di MIN Purwokerto dapat dijadikan sebagai jembatan bagi tercapainya tujuan Pendidikan Nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Model pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:17
Last Modified: 17 Nov 2016 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item View Item