PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB BAGI SANTRI DI KOMPLEK AN NAJAH ARABIC JAVA ENGLISH COMUNITY (AArJEC) PESANTREN MAHASISWA ANNAJAH PURWOKERTO

IRNA NOVIA DAMAYANTI, NIM. 1123302032 (2016) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB BAGI SANTRI DI KOMPLEK AN NAJAH ARABIC JAVA ENGLISH COMUNITY (AArJEC) PESANTREN MAHASISWA ANNAJAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
IRNA NOVIA DAMAYANTI_PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB BAGI SANTRI DI KOMPLEK AN NAJAH ARABIC JAVA ENGLISH COMUNITY (AArJEC) PESANTREN MAHASISWA ANNAJAH PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab dijadikan bahasa Resmi dalam lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1973. Pidato-pidato, pembicaraan dan perdebatan di forum PBB diterjemahkan ke dalam bahasa Arab sejajar dengan bahasa-bahasa asing lainnya seperti Inggris, Mandarin, Spanyol, Prancis dan lainnya. Belajar berbahasa (mendengar, membaca, berbicara dan menulis) merupakan alat ekspresi dan komunikasi, maka seseorang dituntut untuk belajar mengaplikasikan bahasa itu sendiri dalam berekspresi dan berkomunikasi sehari-hari. Agar dapat melatih keterampilan berkomunikasi, maka perlu adanya lingkungan yang mendukung yang memiliki komitmen untuk mengembangkan keterampilan bahasa Arab. Skripsi ini mengkaji tentang pengembangan keterampilan berbahasa Arab bagi santri di komplek AArJEC Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto. Tujuan pengembangan keterampilan di komplek AArJEC Pesantren mahasiswa An Najah Purwokerto yaitu membekali para santri bahasa Asing yang salah satunya adalah bahasa Arab, karena bahasa asing mutlak dimiliki setiap orang yang ingin go Internasional. Penelitian yang dilakukan di AArJEC bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan keterampilan berbahasa Arab bagi santri di komplek AArJEC Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat studi kasus yaitu penelitian yang di dalamnya menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses, atau sekelompok individu. Data-data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data oleh pengasuh pesantren, dan santri penghuni komplek AArJEC. Adapun objek penelitian ini adalah keterampilan berbahasa Arab. Metode analisis datanya dengan mereduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini, bahwa pengembangan keterampilan berbahasa Arab bagi santri di komplek AArJEC Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto yaitu melalui kegiatan-kegiatan, diantaranya yaitu dengan jam bahasa, kotak mufrodat, penerjemahan lagu, perfomance, permainan dan menghafal mufrodat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Keterampilan Berbahasa Arab, Santri Komplek AArJEC
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:56
Last Modified: 17 Nov 2016 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item