PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS III MIN PURBASARI KARANGJAMBU PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Istiqomah, 102336076 (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS III MIN PURBASARI KARANGJAMBU PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ISTIQOMAH_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS III MIN PURBASARI KARANGJAMBU PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (901kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar melalui penerapan metode diskusi kelompok mata pelajaran PKn siswa kelas III MI Negeri Purbasari Karangjambu Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Untuk mendapat data yang diteliti, peneliti mengambil data dari keseluruhan sampai yang ada yaitu peserta didik. Adapun metode yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Kemudian dianalisis dengan membandingkan antara hasil nilai ujian pada kondisi awal sebelum perbaikan dengan hasil yang diperoleh setelah mengadakan tindakan kelas pada siklus pertama dan juga siklus selanjutnya sampai benar-benar telah mencapai tujuan yang diinginkan. Dari analisa peneliti, diketahui bahwa setelah mengadakan penelitian tindakan kelas, prestasi belajar mata pelajaran PKn melalui penerapan metode diskusi kelompok mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil tes rata-rata peserta didik selama proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini menunjukan bahwa prestasi belajar peserta didik dari tiap siklus juga mengalami peningkatan. Perolehan nilai rata-rata tiap siklusnya yaitu pada siklus I diperoleh 62,06 peserta didik mempunyai prestasi belajar dengan kriteria cukup baik, Sedangkan pada siklus II diperoleh 76,55 peserta didik mempunyai prestasi belajar dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, siswa MI Negeri Purbasari
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:30
Last Modified: 17 Nov 2016 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1587

Actions (login required)

View Item View Item