KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURWOKERTO 2 TAHUN PELAJARAN 2013/2014

FATKHAN MUNIF, 092332051 (2015) KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURWOKERTO 2 TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
Fatkhan Munif_KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan evaluasi mempunyai peranan penting dalam pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran karena dengan evaluasi dapat diketahui hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan dan dari hasil tersebut dapat ditentukan tindak lanjut yang akan dilakukan. Dengan berlakunya kurikulum KTSP guru diberi keleluasaan dalam melakukan penilaian dari mulai perencanaan sampai pelaksanaan, terutama dalam menyusun soal tes.Baik tidaknya soal tes sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam menyusun soal.Agar evaluasi yang dilakukan benar-benar mengukur kemampuan maka diperlukan adanya peninjauan kembali terhadap pelaksanaan evaluasi, khususnya pada instrumennya, yaitu tes. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiman kualitas instrumen evaluasi pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwokerto 2 tahun pelajaran 2013/2014? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penyajian data dilakukan secara analisis kualitatif dan kuantitatif terhadap butir soal dan lembar jawab pada Ulangan Tengah Semester Genap dan Ulangan Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2013/2014 Kelas X Mata Pelajaran Bahasa Arab. Secara kualitatif, analisis pad soal UTS dan UKK, sedang secara kuantitatif yaitu Efektivitas Distraktor soal pilihan ganda UTS dan UKK, Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda dan Tingkat Kesukaran soal pilihan ganda dan Uraian UTS dan UKK. Hasil penelitian kualitatif didasarkan pada substansi, materi dan bahasa.Pada soal UTS dan UKK Bahasa Arab Kelas X tahun pelajaran 2013/2014 secara keseluruhan dinyatakan baik, namun dari segi materi hanya terdapat beberap soal yang belum memenuhi kriteria. Sedang secara kuantitatif pada soal UTS dan UKK Bahasa Arab Kelas X tahun pelajaran 2013/2014, dari hasil analisis secara validitas, reliabilitas, daya pemdeda, tingkat kesukaran dan efektivitas distraktor pada soal pilihan ganda secara keseluruhan dinyatakan sudah memenuhi kriteria baik. kata kunci: kualitas, instrumen, evaluasi, bahasa arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 21 Nov 2016 00:48
Last Modified: 21 Nov 2016 00:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item View Item