PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP IMPLEMENTASI SAK EMKM DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS)

Melia, Winda Lestari (2021) PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP IMPLEMENTASI SAK EMKM DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Melia Winda Lestari_Pengaruh Pemahaman Akuntansi Terhadap Implementasi SAK EMKM Dengan Niat Sebagai Variabel Mediasi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Penyusunan laporan keuangan menjadi hal penting bagi pelaku usaha, termasuk Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM). Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pengimplementasian penyusunan laporan keuangan, khususnya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yaitu Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM) yang mulai diberlakukan pada tahun 2018 sebagai pedoman penyusunan laporan keuangan para pelaku UMKM. Faktor tersebut diantaranya adalah tingkat pemahaman akuntansi dan niat untuk berperilaku. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh pemahaman akuntansi terhadap implementasi SAK EMKM dengan niat sebagai variabel mediasi dengan objek penelitian para pelaku UMKM di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 100 orang responden pelaku UMKM di Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis regresi dan metode kausal step untuk pengujian variabel mediasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman akuntansi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat, serta pemahaman akuntansi dan niat juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi SAK EMKM. Pada penelitian ini juga menghasilkan bahwa niat dapat memediasi pengaruh pemahaman akuntansi terhadap implementasi SAK EMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Akuntansi, Niat, Implementasi SAK EMKM, UMKM
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Melia Winda Lestari
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:31
Last Modified: 21 Sep 2022 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15774

Actions (login required)

View Item View Item