PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI AL-ITTIHAAD 01 PASIR KIDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT

VICKY VERANITA, NIM. 1123305055 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI AL-ITTIHAAD 01 PASIR KIDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
VICKY VERANITA_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI AL-ITTIHAAD 01 PASIR KIDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam proses belajar mengajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk membantu guru menyampaikan materi dan diharapkan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Penggunaan Media Audio Visualdalam pembelajaran IPA Kelas V di MI Al-Ittihaad 01 Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat?”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis akan mendeskripsikan pengembangan media oleh guru kelas V. Lokasi yang diteliti adalah MI Al-Ittihaad 01 Pasir Kidul dengan subjek penelitian meliputi guru kelas V dan kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan observasi.Teknik analisis data yang digunakanmeliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian tentang Penggunaan Media Audio Visualdalam pembelajaran IPA kelas V di MI Al-Ittihaad 01 Pasir Kidul, diperoleh hasil bahwa guru IPA kelas V MI Al-Ittihaad01 Pasir Kidul melakukan tiga tahap dalampenggunaan media audio visual, yaitu tahap perencanaan media, pelaksanaan media dan evaluasi media. Pada tahap perencanaan guru membuat RPP dan menentukan media yang digunakan, selain itu guru juga melakukan persiapan berupa pengecekan peralatan media dan membaca kembali materi yang akan diajarkan sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung. Kemudian Ketikapelaksanaan media guru telah melakukan persiapan sebelum menggunakan media dengan mengatur letak peralatan media sedemikian rupa sehingga semua siswa dapat melihat dengan jelas materi yang ditampilkan pada video pembelajaran, guru juga ikut serta membuat catatan di papan tulis dan selesai media ditampilkan guru melakukan kegiatan lanjutan berupa pemberian beberapa soal. Ketika evaluasi, guru memberikan soal tertulis kepada siswa dan diperoleh hasil rata-rata siswa 8,5. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media audio visual berupa video pembelajaran sudah tepat digunakan pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 16 Nov 2016 03:50
Last Modified: 16 Nov 2016 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item