KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU RUMPUN PAI DI MI MA’ARIF NU 01 KRAJAN KECAMATAN PEKUNCEN

Umi Ma’rifah, NIM. 102338082 (2016) KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU RUMPUN PAI DI MI MA’ARIF NU 01 KRAJAN KECAMATAN PEKUNCEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
UMI MA’RIFAH_KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU RUMPUN PAI DI MI MA’ARIF NU 01 KRAJAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru berperan penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang pada akhirnya berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. Guru berperan sebagai pengelola proses pembelajaran, bertindak selaku fasilitator yang berusaha menciptakan proses pembelajaran yang efektif, mengembangkan bahan pelajaran dengan baik dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus dicapai. Maka dari itu kompetensi Paedagogik sangatlah penting bagi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kegiatan-kegiatan kompetensi Paedagogik guru rumpun PAI di MI Ma’arif NU 01 Krajan Kecamatan Pekuncen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran tentang bagaimana kompetensi Paedagogik guru yan selama ini sudah dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru, kepala sekolah, dan peserta didik di MI Ma’arif NU 01 Krajan Kecamatan Pekuncen dengan interview dan mencari data dengan mengkaji dokumentasinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi paedagogik guru rumpun PAI di MI Ma’arif NU 01 Krajan 90% telah memenuhi standar kompetensi guru sesuai permendiknas no. 16 tahun 2007 diantaranya menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu, menyelanggarakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi prosesdan hasil belajar, Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi Paedagogik guru sehingga dalam melakukan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Kata Kunci : Kompetensi Paedagogik, Guru, Rumpun PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 11 Jun 2016 03:08
Last Modified: 11 Jun 2016 03:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item