METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 01 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

KHOIRUN NISA, NIM. 102331012 (2015) METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 01 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
KHOIRUN NISA_METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 01 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan inti dalam proses pendidikan, yang membutuhkan kecakapan guru untuk memilih dan menggunakan metode yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Mata pelajaran Fiqih merupakan salah satu bagian dari Pendidikan Agama Islam yang berisi tentang sekumpulan hukum maupun kegiatan peribadahan dalam Islam. Proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik kalau metode yang digunakan betul-betul tepat, karena antara pendidikan dengan metode saling berkaitan. Untuk dapat menyampaikan pelajaran dengan baik agar siswa lebih mudah memahami pelajaran, seorang guru selain harus menguasai materi, guru juga dituntut untuk dapat terampil dalam memilih dan menggunakan metode. Seorang guru sangat dituntut untuk dapat memiliki pengertian secara umum mengenai sifat berbagai metode, baik mengenai kebaikan metode maupun mengenai kelemahan-kelamahannya. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah metode pembelajaran Fiqih yang digunakan oleh guru mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 01 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Kemudian metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul penulis analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan pola pikir induktif untuk mendapatkan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa guru di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 01 Pageraji, menggunakan metode bermacammacam disesuaikan dengan materi, metode yang digunakan dalam pembelajaran Fiqih antara lain: metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, metode resitasi, metode drill dan metode kerja kelompok. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Fiqih mengacu pada ruang ligkup materi yang ada pada masing-masing kelas dan disesuaikan dengan kondisi siswa, dimana dalam menerapkan metode dalam kegiatan pembelajaran Fiqih guru sudah menerapkan langkah-langkah penggunaan metode yang sesuai dengan konsep atau teori yang ada, disamping guru juga memperhatikan fungsi dan tujuan dari pembelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Fiqih, MI Ma‟arif Pageraji.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 16 Nov 2016 02:12
Last Modified: 16 Nov 2016 02:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1567

Actions (login required)

View Item View Item