PEMBELAJARAN TERINTEGRASI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN AGAMA ISLAM DI SDIT BUAH HATI PEMALANG

Uswatun Khasanah, 092331145 (2015) PEMBELAJARAN TERINTEGRASI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN AGAMA ISLAM DI SDIT BUAH HATI PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Uswatun Hasanah_PEMBELAJARAN TERINTEGRASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter masyarakat di Indonesia yang sampai saat ini belum bisa dikatakan berhasil karena dalam kenyataannya masih banyak terjadi kekerasan dalam pendidikan dan kesewenangwenangan orang-orang yang dianggap pintar seperti melakukan korupsi dan hal-hal lain yang bisa merugikan orang lain. Hal ini terjadi karena makin menipisnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya agama bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu pembelajaran terintegrasi antara mata pelajaran umum (IPA) dengan Agama Islam menjadi salah satu pilihan untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Dengan adanya penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bentuk pengintegrasian materi, dan tahap-tahap pembelajaran baik dari persiapan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi. SDIT Buah Hati Pemalang dijadikan tempat penelitian karena di tempat tersebut merupakan sekolah percontohan dalam pelaksanaan pembelajaran terintegrasi se kabupaten tegal, pemalang dan pekalongan. Peneliti melakukan jenis penelitian lapangan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan metode penelitian yang dilakukan tersebut dijadikan peneliti untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian dipaparkan dalam bentuk narasi, sesuai dengan hasil penelitian yang didapat oleh peneliti .hasil penelitian mencakup bentuk pengintegrasian materi dan langkah-langkah pembelajaran yang berisi tentang persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran terintegrasi dalam mata pelajaran IPA dengan Agama. Kata kunci: pembelajaran terintegrasi, persiapan, pelaksanaan, evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 16 Nov 2016 03:59
Last Modified: 16 Nov 2016 03:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item View Item