PEMBELAJARAN CALISTUNG DI MI MA’ARIF NU 1 KELAS 1 DAWUHANWETAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Nur Qomariyah Dana, Melati (2022) PEMBELAJARAN CALISTUNG DI MI MA’ARIF NU 1 KELAS 1 DAWUHANWETAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Qomariyah Dana Melati_Pembelajaran CALISTUNG di MI Ma'arif NU 1 Dawuhanwetan Kec. Kedungbanteng Kab. Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembelajaran calistung di MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan yang dilakukan secara tersendiri dan khusus untuk menunjang kemampuan siswa dalam baca, tulis dan hitung. Pembelajaran CALISTUNG merupakan tahapan awal dalam proses pembelajaran. Dimana setiap sekolah meiliki problem yang sama untuk kelas rendah ditingkat Sekolah Dasar (SD). Peneliti tertarik untuk mengetahui dan meneliti lebih dalam mengenai bagaimana langkah dan proses pembelajaran CALISTUNG yang ada di MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan penulis melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ialah metode analisis sebelum di lapangan dan analisis selama di lapangan. Untuk menguji keabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Dari Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran CALISTUNG di kelas 1 MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan Kabupaten Banyumas yang dilakukan secara langsung. Memiliki lima komponen dalam pembelajaran ialah tujuan pembelajaran, materi, strategi atau metode, media dan evaluasi serta tindak lanjut. Proses pembelajaran CALISTUNG di MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan sebelum pembelajaran berlangsung pendidik mempersiapkan tujuan pembelajaran, isi atau materi, strategi atau metode, media dan evaluasi yang tepat guna untuk mempersiapkan model pembelajaran yang tersistematis dan memiliki tata cara evaluasi dan penilain yang jelas. Pembelajaran CALISTUNG dilakukan secara beriringi dengan pembelajaran tematik. Dengan begitu pembelajaran calistung dapat mendukung proses pembelajaran tematik agar materi yang disampaikan oleh pendidik lebih muda di difahami oleh peserta didik. Jadi tujuan dari pembelajaran dapat tercapai, sebagaimana sekolah mengharapkan peserta didik dapat lebih mudah memahami materi di pembelajaran tematik yang menuntut peserat didik dapat mengusai materi membaca sambung kata dengan baik, menulis dengan beberapa kalimat dan huruf, dan dapat mengenal bilangan puluhan yang dijumlahkan dan dikurangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, CALISTUNG, MI.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Qomariyah Dana Melati sdri
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:27
Last Modified: 11 Aug 2022 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15474

Actions (login required)

View Item View Item