Manajemen Pendidikan Inklusi ( Studi Kasus Mts Al Hidayah Purwokerto)

Siti, Rofikoh (2022) Manajemen Pendidikan Inklusi ( Studi Kasus Mts Al Hidayah Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Siti Rofikoh_Manajemen Pendidikan Inklusi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan suatu proses mengelola lembaga, organisasi maupun seluruh kegiatan secara efektif dan efisien dengan bantuan sumber daya yang ada. Anak berkebutuhan khusus sampai saat ini masih kurang dalam memperoleh pelayanan pendidikan, yang seharusnya memperoleh pelayanan pendidikan memadai disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Pendidikan inklusi merupakan layanan pendidikan yang dapat diimplementasikan di sekolah agar anak berkebutuhan khusus dapat belajar bersama dengan anak- anak sebayanya di sekolah regular. Kemudian untuk mewujudkan pengelolaan pendidikan inklusi yang berjalan sesuai tujuan dibutuhkan manajemen yang baik. Oleh karena itu, penulis mengambil permasalahan tersebut dalam skripsi yang berjudul Manajemen Pendidikan Inklusi Studi Kasus MTs Al-Hidayah Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, koordinator inklusi, dan guru pendamping khusus. Adapun objek penelitian ini adalah manajemen pendidikan inklusi Studi kasus di MTs Al Hidayah Purwokerto. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk analaisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: manajemen pendidikan inklusi dari perencanaan menggunakan program asesmen, kemudian pada tahap pengorganisasian kepala madrasah memberikan wewenang kepada koordinator inklusi untuk membantunya melaksanakan tugasnya. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan dilakukan oleh kepala madrasah kepada koordinator inklusi dilanjutkan koordinator inklusi pada guru pendamping khusus. Yang terakhir yaitu tahap pengendalian, kepala madrasah melakukan pengendalian untuk mengetahui tujuan yang dirancang sejak awal sudah tercapai atau masih perlu adanya perbaikan untuk selanjutnya. Adapun kendala atau hambatan yang dalam manajemen pendidikan inklusi adalah kurangnya peran pemerintah dalam memberikan dukungan maupun fasilitas pada pendidikan inklusi, dan orang tua yang kurang memahami kemampuan anaknya. Kata kunci: Manajemen, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siti Rofikoh
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:32
Last Modified: 11 Aug 2022 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15472

Actions (login required)

View Item View Item