STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MAPEL DI KELAS II MI MA’ARIF NU 01 BABAKAN KEC. KARANGLEWAS KAB.BMS TAHUN PELAJARAN 2014-2015

MUALIF, 102338185 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MAPEL DI KELAS II MI MA’ARIF NU 01 BABAKAN KEC. KARANGLEWAS KAB.BMS TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MUALIF_STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MAPEL DI KELAS II MI MA’ARIF NU 01 BABAKAN KEC. KARANGLEWAS KAB.BMS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I , BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis Strategi pembelajaran fiqih di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal yang menarik di Madrasah Ibtidaiyah ini adalah proses pembelajarannya yang menyenangkan dan penggunaan strategi yang variatif, sehingga proses pembelajaran dapat maksimal dan nilai siswa dapat mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan latar belakang di atas, persoalan yang akan dijawab adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran fiqih di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran fiqih kelas II materi shalat berjama’ah menggunakan beberapa Strategi pembelajaran, yaitu Strategi Card Sort. Digunakan untuk menjelaskan materi keutamaan sholat berjama’ah. Penggunaan strategi card sort pada pembelajaran fiqih kelas II telah sesuai dengan teori dan RPP. Strategi Pertanyaan kuis/tes. Digunakan untuk menjelaskan arti sholat berjama’ah dan syarat-syarat menjadi imam dan makmum. Penggunaan strategi pertanyaan kuis/tes pada pembelajaran fiqih kelas II sudah sesuai dengan teori dan RPP. Strategi True or false (benar atau salah). Digunakan untuk menjelaskan materi cara memberi tahu imam yang salah dan keutamaan sholat berjma’ah. Penggunaan strategi true or false pada pembelajaran fiqih kelas II sudah sesuai dengan teori dan RPP. Strategi The power of two. Digunakan untuk menjelaskan nateri syaratsyarat menjadi imam dan makmum. Penggunaan strategi the power of two pada pembelajaran fiqih kelas II sudah sesuai dengan teori dan RPP. Strategi Index card match. Digunakan untuk menjelaskan materi keutamaan sholat berjama’ah. Penggunaan strategi index card match pada pembelajaran fiqih kelas II sudah sesuai dengan teori dan RPP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, fiqih, strategi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Nov 2016 07:53
Last Modified: 14 Nov 2016 07:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1543

Actions (login required)

View Item View Item