PELAKSANAAN METODE DRIL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI MATERI MENGHAFAL BACAAN SHALAT DI KELAS II SDN 2 KARANGDUREN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AZIS SUPRIYANTO, NIM 102334086 (2016) PELAKSANAAN METODE DRIL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI MATERI MENGHAFAL BACAAN SHALAT DI KELAS II SDN 2 KARANGDUREN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
AZIS SUPRIYANTO_PELAKSANAAN METODE DRIL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI MATERI MENGHAFAL BACAAN SHALAT DI KELAS II SDN 2 KARANGDUREN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam menjadi permasalahan tersendiri bagi guru kelas II. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri 2 Kedungduren, maka dilakukan Penelitian tindakan kelas. Tujuan dari Penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam melalui metode drill. Setelah dilakukan Penelitian tindakan kelas ini, diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas II SD Negeri 2 Kedungduren. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (anction research), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes dilaksanakan melalui beberapa tahap, yaitu Planning (perencanaan), Acting (tindakan), Observating (pengamatan) dan reflekting (refleksi). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 (dua) siklus perbaikan pembelajaran dengan menggunakan sistim berdaur. Hasil penelitian menunjukan, prestasi belajar siswa pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui metode drill di kelas II SD Negeri 2 Kedungduren adalah sebagai berikut ; berdasarkan data awal sebelum dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran, nilai rata-rata siswa pada materi menghafal bacaan salat sebesar 60, 8 dengan prosentase ketuntasan belajar 36%. Pada siklus I nilai rata-rata 67,6 dengan prosentase 56% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 80 dengan prosentase tingkat ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebesar 92%. Peningkatan prestasi belajar siswa pada aspek kognitif juga diikuti pada aspek afektif yaitu ditandai dengan perubahan sikap siswa, serta pada aspek psikomotorik siswa, yaitu ditandai dengan adanya perubahan perilaku siswa dari negatif menjadi positif dan siswa juga terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Kata Kunci : Pelaksanaan, Metode drill, Prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 11 Jun 2016 02:16
Last Modified: 11 Jun 2016 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item