STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ROUDLOTUL ATHFAL (RA) MASYITOH 21 DESA SURO KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS

Sukarti, 062638032 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ROUDLOTUL ATHFAL (RA) MASYITOH 21 DESA SURO KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (956kB) | Preview
[img] Text
Sukarti_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latarbelakangmasalahpadapenelitianiniadalahpentingnya Pendidikan Agama Islam untuk anak usia dini, atau usia prasekolah mendorong lembaga pendidikan anak usia dini salah satunya adalah RA Masyithoh 21 Suro untuk memberikan materi Pendidikan Agama Islam dengan sebaik-baiknya. Sedangkan proses pembelajaran di RA Masyithoh 21 Suro sangat terbatas yaitu lima jam pelajaran setiap hari, dalam satu jam pelajaran mempunyai waktu ± 30 menit. Sehingga dalam sehari, sekolah hanya mempunyai waktu bertatap muka ± 2 jam setengah dari 24 jam. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah dan guru khususnya agar dapat memberikan materi Pendidikan Agama Islam secara maksimal dengan waktu yang sangat terbatas. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Masyithoh 21 Suro, sedangkan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, dan guru RA Masyithoh 21 Suro. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif, yaitu metode yang digunakan terhadap suatu data yang dikumpulkan kemudian disusun, dijelaskan dan kemudian dianalisa. Pendidikan Agama Islam sangat penting disampaikan kepada anak sedini mungkin. Pada Pendidikan Anak Usia Dini materi Pendidikan Agama Islam bisa disampaikan dengan menyesuaikann usia mereka. Pembelajaran mereka di sekolah yang bermoto “Belajar Sambil Bermain atau Bermain Seraya Belajar” mempunyai waktu tatap muka yang sangat terbatas, sedangkan dalam waktu yang terbatas tersebut tujuan pembelajaran harus tercapai. Ada beberapa hal yang menentukan keberhasilan suatu pembelajaran yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Strategi pembelajaran mempunyai kedudukan yang penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu pemilihan strategi yang tepat akan mempengruhi hasil dari proses pembelajaran yang telahberlangsung. RA Masyithoh 21 Suro menerapkan strategi pembelajaran ekspositori, discovery, kelompok, dan modeling untuk menyampaikan materi Pendidikan Agama Islam. Kata kunci :Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, anak usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 15 Nov 2016 01:52
Last Modified: 15 Nov 2016 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item View Item