PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PERKALIAN MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS II MI MIFTAHUL HUDA SELANDAKA KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SITI MUKROMAH, NIM. 1123306185 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PERKALIAN MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS II MI MIFTAHUL HUDA SELANDAKA KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SITI MUKROMAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PERKALIAN MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS II MI MIFTAHUL HUDA SELANDAKA KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Perguruan Tinggi. Pembelajaran Matematika adalah ilmu pengetahuan yang penting pengantar ilmu-ilmu pengetahuan yang lain dan banyak digunakan dan banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Hasil belajar matematika materi perkalian di MI Miftahul Huda Selandaka, nilai rata-ratanya masih rendah dan banyak siswa yang nilainya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi perkalian terjadi karena beberapa faktor, yaitu : 1) Metode kurang tepat, 2) Partisipasi siswa rendah, 3) Cara mengajar guru yang monoton, 4) Rendahnya kemampuan dalam memahami materi. Ada banyak metode yang digunakan guru agar pembelajaran matematika berlangsung efektif, antara lain : 1) Metode ceramah, 2) Metode diskusi, 3) Metode Drill, 4) Metode benda konkret, 5) Metode belajar sambil bermain. Menurut penulis, solusi yang paling tepat digunakan adalah menggunakan metode drill karena metode drill sangat cocok diterapkan untuk melatih anak-anak, khususnya kelas II MI yang masih membutuhkan dominasi peran orang dewasa, suka mengulangi dan harus dibiasakan, suka meniru dan senang dengan bentuk-bentuk penghargaan langsung, seperti pujian. Pengulangan dan Latihan digunakan supaya prilaku yang diinginkan dapat menjadi kebiasaan dalam hal ini guru tidak banyak memberi ceramah, tetapi instruksi singkat yang diikuti contoh-contoh bahan pelajaran matematika, materi perkalian yang disusun secara hirearki dari yang sederhana sampai pada yang kompleks. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas II MI Miftahul Huda Selandaka. PTK merupakan suatu kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan semata-mata untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukan yaitu, serta untuk memperbaiki kondisi dimana pembelajaran tersebut dilakukan. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa setelah diadakan PTK, hasil belajar matematika materi perkalian melalui metode drill pada siswa kelas II mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari nilai pada kondisi awal sebelum diadakan PTK nilai rata-rata adalah 60, sedangkan setelah siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 71,17. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata mencapai 82,35.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika Perkalian, Metode Drill.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 11 Nov 2016 02:30
Last Modified: 11 Nov 2016 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item View Item