STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM SUKSESI PROGRAM LITERASI DI MTS AL-AZHAR TEGALMUNDING PRUWATAN BUMIAYU

mudah, ningsih (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM SUKSESI PROGRAM LITERASI DI MTS AL-AZHAR TEGALMUNDING PRUWATAN BUMIAYU. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mudah Ningsih 1817401069 Strategi Kepala Madrasah dalam suksesi program literasi di MTS Al-Azhar Tegalmunding Pruwatan Bumiayu.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan penulis membahas mengenai strategi kepala madrasah dalam suksesi program literasi di MTs Al-Azhar Tegalmunding Pruwatan Bumiayu. Adapun tujuan mengenai penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam suksesi program literasi di MTs Al-Azhar Tegalmunding Pruwatan Bumiayu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek yang diteliti dan menghasilkan data deskriptif yang berupa dokumen tulisan dan juga lisan yang didapatkan oleh peneliti melalui tahapan wawancara, observasi, dan dokumentasi penelitian. Pada tahapan teknis analisis dan keabsahan data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan keabsahan data. Subjek dan sumber penelitian yaitu: Kepala Madrasah MTs Al-Azhar Tegalmunding Pruwatan Bumiayu, Kepala Perpustakaan dan siswa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi kepala madrasah dalam suksesi program literasi di MTs Al-Azhar Tegalmunding Pruwatan Bumiayu sebagai berikut: Hasil ketercapaian strategi kepala madrasah dalam suksesi program literasi di MTs Al-Azhar Tegalmunding Pruwatan Bumiayu dapat dikatakan tercapai pada tahap pembiasaan, pengembangan dan tahap pembelajaran masih dalam proses berjalan. Hal ini dapat dilihat dari faktor internal dan eksternal, faktor internal terdapat pada peserta didik yang kurang antusiasme terhadap membaca, kurangnya motivasi dalam membaca dilingkungan sekolah, serta sarana prasarana yang kurang memadai di ruang perpustakaan seperti, buku yang kurang lengkap, kondisi buku yang lama, perawatan buku yang belum sepenuhnya terjaga, serta ketersediaan dana yang belum terpenuhi. Adapun faktor eksternal sendiri berasal dari dukungan masyarakat yang sepenuhnya mendukung dengan adanya program literasi sekolah ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang berbudi pekerti melalui budaya literasi, serta dukungan orang tua/ wali murid siswa terhadap program literasi sekolah dalam membantu pelaksanaan program literasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketercapaian strategi kepala madrasah dalam suksesi program literasi di MTs Al-Azhar Tegalmunding Pruwatan Bumiayu dapat dikatakan kurang atau belum tercapai sepenuhnya. Kata Kunci: Kepala Madrasah, Program Literasi, Strategi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Program Literasi, Strategi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.382 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mudah Ningsih sdri
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:24
Last Modified: 02 Aug 2022 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15195

Actions (login required)

View Item View Item