MANAJEMEN KELUARGA DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH (STUDI PADA KELUARGA KH. CHARIRI SHOFA)

Muhammad, Bahruddin Yusuf (2022) MANAJEMEN KELUARGA DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH (STUDI PADA KELUARGA KH. CHARIRI SHOFA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MANAJEMEN KELUARGA DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH (STUDI PADA KELUARGA KH. CHARIRI SHOFA)MUHAMMAD BAHRUDDIN YUSUF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Islam mengajak manusia untuk hidup berpasang-pasangan dibangun dalam naungan keluarga. Sudah tidak asing lagi, bahwa seseorang yang menikah mendambakan keluarga sakinah. Untuk mewujudkan keluarga sakinah mudah dalam diucapkan tetapi sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Manajemen keluarga sakinah adalah ilmu dan seni mengatur, mengolah dan memanfaatkan unsur-unsur kehidupan sesuai dengan perintah dan larangan Allah SWT, sehingga terwujudlah insan yang beriman, cerdas, dan bertaqwa kepada Allah SWT. Peneliti disini tertarik untuk meneliti manajemen keluarga Dalam membangun keluarga Sakinah mawaddah warahmah (studi pada KH. Chariri Shofa) dimana keluarga sakinah yang dibangun beliau mendapatkan juara 1 sebagai Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Nasional tahun 2014 di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen keluarga Dalam membangun keluarga Sakinah mawaddah warahmah (studi pada KH. Chariri Shofa) Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) di dalam keluarga KH.Chariri Shofa. Dalam penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif, dan yang menjadi sumber data primer yaitu keluarga KH.Chariri Shofa yang meliputi Istri, anak-anaknya dan menantunya. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa manajemen keluarga Dalam membangun keluarga sakinah yaitu Keluarga Sakinah, Mawaddah Warahmah yang diterapkan beliau adalah melakukan segala sesuatunya atas Ridha Allah sehingga ketenanangan, kenyamanan, rasa kasih sayang, selalu merangkul ,saling menyayangi, menghargai dan memberikan keteladanan yang tercipta dalam keluarga. Manajemen keluarga Sakinah menurut KH. Chariri Shofa yang ditanamkan dalam keluarga meliputi : Memilih pasangan hidup dengan mengutamakan agamanya, Memprioritaskan hal agama, Memberikan sikap keteladanan bagi anak, menantu dan cucunya, Saling bermusyawarah dalam mensikapi masalah, Saling toleransi terhadap sesama, Mengutamakan kerukunan, Selalu saling mengerti, menyayangi dan memahami karakter masing-masing dan mengajak untuk berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Keluarga Sakinah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Bahruddin Yusuf sdr
Date Deposited: 01 Aug 2022 08:20
Last Modified: 01 Aug 2022 08:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15193

Actions (login required)

View Item View Item