METODE PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KRAJAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Yuni Artika Fariasih, 102336047 (2015) METODE PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KRAJAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
YUNI ARTIKA_METODE PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KRAJAN KEC.PEKUNCEN BUPATEN BMS TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan modal dasar untuk menyiapkan insan yang berkualitas. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Metode pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting. Metode pembelajaran harus dilaksanakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Dengan metode pembelajaran yang digunakan, seorang pendidik dapat menyampaikan materi secara maksimal. Metode pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan serta menyesuaikan situasi dan kondisi siswa. Sehingga siswa dengan mudah dapat menerima materi tersebut. Penulis merumuskan permasalahan dalam penelitian dengan mengangkat tema tentang metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Krajan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014 yang meliputi perencanaan, tujuan, materi dan proses pembelajarannya. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi yang berkaitan dengan metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi pengembang metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah menelaah seluruh data, kemudian dibuat abstraksi (reduksi data) dan unitisasi (menyusun data dalam satuan-satuan) Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode diskusi, metode penugasan, dan metode drill (latihan) itu cukup sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Nov 2016 02:32
Last Modified: 08 Nov 2016 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item