METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS IV DI MI MA’ARIF NU RANDEGAN KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MAR’ATUN SHOLIHAH, NIM. 092335057 (2015) METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS IV DI MI MA’ARIF NU RANDEGAN KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MAR’ATUN SHOLIHAH_METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS IV DI MI MA’ARIF NU RANDEGAN KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas IV MI Ma’arif NU Randegan adalah kelas yang sudah menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran Matematika pada pokok bahasan pecahan. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan pecahan di kelas IV di MI Ma’arif NU Randegan Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan kelas IV di MI Ma’arif NU Randegan Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014?” Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah berupa penelitian lapangan (fieldresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan metode demonstrasi. Obyek dalam penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan pecahan kelas IV di MI Ma’arif NU Randegan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan pecahan sudah sesuai dengan RPP. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi sudah berjalan efektif dan siswa terlihat tertarik dengan menggunakan metode tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Pecahan, Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 07 Nov 2016 07:48
Last Modified: 07 Nov 2016 07:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item View Item