PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI TAMAN KANAK-KANAK DIPONEGORO 125 ARCAWINANGUN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

Lutfi Muzaki, 082331083 (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI TAMAN KANAK-KANAK DIPONEGORO 125 ARCAWINANGUN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (863kB) | Preview
[img] Text
Lutfi Muzaki_PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini merupakan pondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaanya, karena hal tersebut merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak bangsa untuk menjalani pendidikan selanjutnya. Bangsa indonesia sangat menjujung tinggi nilai-nilai moral dan keagamaan. Namun dalam realitas zaman sekarang ini terjadi sesuatu yang memprihatinkan dalam dunia pendidikan nasional di indonesia yang belum mencerminkan kepribadian yang bermoral seperti tawuran antar pelajar, penyalahan obat-obat terlarang, pelecehan seksual, pergaulan bebas dan lain-lain, jika ditelusuri jauh lagi sebenarnya keadaan yang demikian itu tidak lepas dari basic pendidikannya pada masa lampau, yang boleh jadi pada masa itu pengokohan mental spiritualnya masih belum tersentuh secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsilan bagaimana proses penanaman nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini di TK diponegoro 125 Arcawinangun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dan penelitian ini digolongkan penelitian deskriptif. Penanaman nilai-nilai keagamaan menjadi fokus penelitian ini, subjek dalam penelitian ini adalah, siswa, guru dan kepala sekolah. sedangkan objek penelitiannya proses penanamkam nilai-nilai keagamaan bagi anak didik di TK Diponegoro 125 Arcawinangun. Dalam mengumpulkan data-data, yaitu dengan metode obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu penanaman nilai-nlai keagamaan di Tk Diponegoro 125 dilaksanakan setiap hari. Materi penanaman nilai-nilai keagamaan pada kegiatan hidup anak sehari-hari, mulai dari kegiatan di lingkungan sekolah, bersosialisasi dengan teman sebaya, dan pembiasaan pada kegiatan rutin yang berhubungan dengan pembiasaan aturan agama pada diri sendiri. Evaluasi pembelajaran penanaman nilai-nilai keagamaan yang dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan saat pembelajaran berlangsung, yaitu menggunakan catatan anekdot, lembar observasi dan penugasan berupa pekerjaan rumah dan LKS Kata kunci: “penanaman nilai-nilai keagamaan taman kanak-kanak”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 08 Nov 2016 00:51
Last Modified: 08 Nov 2016 00:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1491

Actions (login required)

View Item View Item