ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCERAIAN AKIBAT PERNIKAHAN DINI TAHUN 2019 ( STUDI KASUS PENGADILAN AGAMA CIAMIS JAWA BARAT)

HILMA, HAMDANI APRILIAN (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCERAIAN AKIBAT PERNIKAHAN DINI TAHUN 2019 ( STUDI KASUS PENGADILAN AGAMA CIAMIS JAWA BARAT). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HILMA HAMDANI_ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCERAIAN AKIBAT PERNIKAHAN DINI TAHUN 2019 (Studi Kasus Pengadilan Agama Ciamis Jawa Barat).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkawinan Adalah Ikatan Lahir Batin Antara Seorang Peria Dengan Wanita, Sebagai Suami Istri Dengan Tujuan Membentuk Keluarga ( Rumah Tangga ) Yang Bahagia Dan Kekal Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Kata Bawah Umur Menurut Kamus Bahasa Indonesia Yaitu Kedudukan Usia Yang Rendah ( Mengawinkan Anak Dibawah Umur. Dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan, Menentukan Bahwa Batasan Umur Belum Dewasa (Anak) Pria 19 (Sembilan Belas) Tahun Kebawah Dan Wanita 16 (Enambelas) Tahun, Apabila Belum Mencapai Usia 21 Tahun Mesti Mendapat Ijin Dari Orang Tuanya. Tujuan penelitian ini umtuk mengetahui Faktor yang mempengaruhi perceraian akibat pernikahan dini.. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan deskriptif. Dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan wawancara dengan ibu Hj Yahya Nuriah M.Ag. sepanjang tahun 2019 perceraian di pengadilan agama ciamis jawa barat yang paling dominan yaitu faktor ekonomi yang mencapai 45.412. hal ini sangat berpengaruh dalam faktor perceraian pada pernikahan dini. Dengan Demikian, Dua Hal Yang Sering Kali Menjadi Awal Pertengkaran Bisa Datang Dari Istri Yang Tidak Puas Akan Pengasilan Suaminya Yang Serba Terbatas Atau Suami Sendiri Yang Tidak Memperhatikan Ekonomi Keluarga, Yaitu Tidak Memberikan Nafkah Atau Belanja Pada Istrinya. Kata kunci: Faktor Pernikahan dini, Faktor perceraian, pengadilan agama ciamis jawa barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Pernikahan Dini, Faktor Perceraian, Pengadilan Agama Ciamis Jawa Barat
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.33 Perceraian
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Hilma Hamdani aprilian sdri
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:44
Last Modified: 28 Jun 2022 01:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14801

Actions (login required)

View Item View Item