PROBLEMATIKA PENETAPAN HAK ATAS TANAH TIMBUL (AANSLIBBING) PRESPEKTIF MAS{LAH{AH (Studi Kasus Konflik Antara Perum Perhutani Dengan Masyarakat di Desa Cimrutu, Patimuan, Cilacap)

ANA, EMA SAFITRI (2022) PROBLEMATIKA PENETAPAN HAK ATAS TANAH TIMBUL (AANSLIBBING) PRESPEKTIF MAS{LAH{AH (Studi Kasus Konflik Antara Perum Perhutani Dengan Masyarakat di Desa Cimrutu, Patimuan, Cilacap). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Ana Ema Safitri_PROBLEMATIKA PENETAPAN HAK ATAS TANAH TIMBUL (AANSLIBBING) Prespektif MAS}LAH{AH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pertanahan merupakan permasalahan yang banyak terjadi di Indonesia. Permasalahan pertanahan sejalan dengan perkembangan penduduk yang pesat menyebabkan masyarakat membutuhkan tanah untuk kepentingan pertanian dan kepentingan non pertanian, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan agar kebutuhan tanah di Indonesia, salah satu kebijakan pemerintah adalah dengan merubah tanah timbul menjadi tanah permukiman dan pertanian. Salah satu contoh permasalahan pertanahan di Indonesia adalah permasalahan di Desa Cimrutu, Patimuan, Cilacap. Permasalahan ini terjadi antara masyarakat Desa Cimrutu dan Perum Perhutani yang mempermasalahkan penetapan hak atas tanah timbul yang sudah menjadi Desa Cimrutu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di Desa Cimrutu, Patimuan, Cilacap. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan yuridis sosiologis yaitu kajian kepada permasalaan dalam kehidupan sosial masyarakat dibahas berdasarkan peraturan perundang-undangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan internet. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hak milik atas tanah Desa Cimrutu diklaim oleh Perhutani, dan tanah tersebut tidak dikelola oleh Perhutani, serta Perhutani sampai saat ini belum mau melepaskan hak milik atas tanah Desa Cimrutu apabila tidak dilakukan TMKH. Berdasarkan surve dilapangan tanah timbul tersebut sudah tidak lagi berbentuk kawasan hutan. Jika dilihat dari mas}lah}ah maka hak milik tanah Desa Cimrutu menjadi milik masyarakat Desa Cimrutu karena tanah tersebut sudah ditelantarkan oleh Perhutani selama lebih dari tiga tahun

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hak atas tanah timbul, tanah timbul, maslahah.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
900 Geography and history > 910 Geography and travel > 911 Historical geography
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: ANA EMA SAFITRI sdri
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:48
Last Modified: 27 Jun 2022 07:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14747

Actions (login required)

View Item View Item