PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTs MA’ARIF NU 2 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Asri Wiyanti, 092331062 (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTs MA’ARIF NU 2 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
Asri Wiyanti_PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya realitas sosial yang berkembang di masyarakat, seperti korupsi, meningkatnya pergaulan seks bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, penyalahgunaan obat-obatan, dan masih banyak lagi yang lainnya, yang kini menjadi sorotan tajam dari berbagai aspek kehidupan, yang tertuang dalam berbagai tulisan di media cetak, wawancara, dialog dan gelar wicara di media elektronik. Hal ini salah satunya disebabkan tidak optimalnya pengembangan pendidikan karakter di lembaga pendidikan Akibat yang ditimbulkan telah menjurus kepada tindakan kriminal. Oleh karena itu, lembaga pendidikan formal sebagai wadah resmi generasi muda diharapkan dapat meningkatkan peranannya dalam pembentukan karakter peserta didiknya. Berkaitan dengan hal tersebut, MTs Ma’arif NU 2 Cilongok merupakan lembaga pendidikan formal yang saat ini telah memberikan perhatian lebih terhadap pembentukan karakter bagi peserta didiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembentukan karakter siswa di MTs Ma’arif NU 2 Cilongok Kabupaten Banyumas? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek penelitian yaitu pembentukan karakter siswa di MTs Ma’arif NU 2 Cilongok Kabupaten Banyumas, sedangkan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru dan karyawan, siswa, orang tua siswa dan masyarakat/pemuka agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa pembentukan karakter siswa di MTs Ma’arif NU 2 Cilongok Kabupaten Banyumas dilaksanakan dalam proses pembelajaran yang meliputi 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaaan, dan evaluasi. Pembentukan karakter siswa dalam program budaya sekolah dilaksanakan melalui keteladanan, kegiatan rutin/pembiasaan, kegiatan spontan, dan pengkondisian. Pembentukan karakter siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan melalui muatan-muatan kegiatan ekstrakurikuler, yaitu: organisasi peserta didik, program keagamaan, pelatihan profesional, dan kegiatan kultural/budaya Kata Kunci : Pembentukan, nilai-nilai karakter, dan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:21
Last Modified: 07 Nov 2016 01:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1468

Actions (login required)

View Item View Item