PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DI KB PRIMA KALISALAK KEBASEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Agus Nurfahudin, 092331065 (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DI KB PRIMA KALISALAK KEBASEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (886kB) | Preview
[img] Text
Agus Nurfahudin_PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DI KELOMPOK BERMAIN PRIMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penanaman Nilai-nilai agama harus dilakukan sejak dini secara kuat karena akan menjadi pondasi dalam kehidupan dewasa kelak. Anak-anak harus dibekali dengan nilai agama yang kuat mengakar agar mereka menjadi peribadi yang kuat,cerdas secara spiritual dan tanpa melupakan kecerdasan fisiknya. Apabila kita melihat saat ini gejala kemerosotan moral sudah benar-benar mengkhawatirkan. Tingkah laku penyimpangan pelajar sungguhpun jumlahnya hanya sepersekian dari keseluruhannya akan tetapi ini telah mencoreng kredibilitas dunia pendidikan. Maka, nilai-nailai agama itu harus ditanamkan pada anak semenjak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses yang dilakukan oleh KB Prima Kalisalak Kebasen Banyumas dalam proses penanaman nilai-nilai agama pada tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat dekskripti kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, obserervasi dn domumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai agama yang harus mengakar tertanam pada jiwa spiritual anak ialah menngenal Tuhan, mempraktekkan ibadah kepadanya serta berdoa memohon akan perlindungan-Nya dalam segala aktifitas kehidupan. Semua itu bentuk hubungan manusia dengan tuhannya. Sebagai peribadi yang sempurna, insan kamil juga harus berperilaku baik dan di praktekkan dalam kehidupan sosialnya. Dalam lembaga ini juga dikenalan tentang perilaku baik dan buruk. Melalui perkenalan dengan akhlak atau perilaku baik dan buruk, diharapkan anak bisa membiasakan dirinya untuk berperilaku baik dalam kehidupan seharinya. Interaksi anak-anak yang tidak lepas dengan manusia dewasa sekitarnya, menjadikan mereka sering bertemu, baik karena bertemu ataupun diperjalan perlu adanya kata pembuka yang baik. Memberikan salam dan membalas salam merupakan kata yang baik dalam memulai perbicaran meski itu bagi anak-anak. Maka sangatlah baik dan benar bila anak selalu dianjurkan memberi dan membalas salam ketika bertemua, bertamu dengan guru, kerabat, dan teman. Semua penanaman nilai-nilai agam dalam lembaga ini sering sekali mengunakan metode bernyanyi, cerita, ceramah, unuk kerja dan praktek yang dengan menggunakan bahasa sederhana dan mudh dipahami anak. Kata kunci: penanaman nilai-nilai agama, KB Prima Kalisalak Kebasen Banyumas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 04 Nov 2016 03:00
Last Modified: 04 Nov 2016 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item View Item