METODE PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI SDN 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Siti Ma'unah, 102334057 (2015) METODE PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI SDN 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SITI MAUNAH_METODE PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI SDN 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Dalam pendidikan karakter tentu saja diperlukan metode yang tepat agar pendidikan karakter dapat terlaksana sesuai yang diharapkan. Pembinaan karakter terkait dengan bagian karakter yang saling terkait yaitu tentang nilai dan moral, pengetahuan tentang moral, perasaan yang dilandasi moral dan perilaku bermoral. Dalam pendidikan karakter islami, maka semua nilai-nilai yang diajarkan merupakan nilai yang berasal dari agama Islam berdasarkan Al Qur’an dan hadits. Penelitian tentang metode pendidikan karakter di SDN 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas, fokus penelitiannya adalah “Bagaimana penerapan metode pendidikan karakter di SDN 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas?”. Dalam Penelitian ini digunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: (1) Metode observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan metode pendidikan karakter islami di SDN 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas, (2) Metode wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penerapan metode pendidikan karakter islami, (3) Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah berdiri, profil, program pendidikan karakter islamu, dan evaluasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pendidikan karakter di SDN 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas yang dilaksanakan sudah berlangsung dengan baik. Karakter yang dibina antara lain religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Metode yang digunakan dalam pendidikan karakter di SDN 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas antara lain metode pembiasaan, metode cerita, metode keteladanan, metode karya wisata, pemberian hadiah dan hukuman, dan dialog.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pendidikan Karakter Islami
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 03 Nov 2016 04:06
Last Modified: 03 Nov 2016 04:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item