ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA UKM MANISAN PEPAYA DI DESA GUCI KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL.

WIDIA, ASKIATUL UMAROH (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA UKM MANISAN PEPAYA DI DESA GUCI KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Widia Askiatul Umaroh_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA UKM MANISAN PEPAYA DI DESA GUCI KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan usaha yang didirikan oleh perorangan yang mempunyai peran yang cukup besar dalam pembangunan ekonomi. Salah satu bidang UKM yang berkembang pesat dan memberikan kontribusi yang besar yakni dalam bidang pangan. Desa Guci merupakan desa yang terkenal dengan objek wisata dan makanan khasnya. Makanan khas yang tersebar di objek wisata guci ini yakni manisan pepaya yang sudah berdiri dari tahun 1999. Manisan yang berbahan baku buah pepaya ini mempunyai berbagai warna yang menarik seperti kuning, hijau, dan merah. Manisan pepaya ini dipasarkan langsung diobjek wisata dan sudah masuk dalam toko oleh-oleh. Manisan pepaya ini sudah mempunyai logo halal yang disahkan tahun 2021. Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat yaitu bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh UKM manisan pepaya dalam meningkatkan omzet penjualan di Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Penelitian ini mengunakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan atau verifikasi. Untuk uji keabsahan data yakni menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan omzet penjualan pada UKM manisan pepaya ini menggunakan bauran pemasaran 4p (marketing mix) yang terdiri dari strategi produk yakni UKM manisan pepaya di Desa Guci tetap menjaga kualitas produk. Kemudian strategi harga yakni melakukan penetapan harga berdasarkan biaya bahan baku yang digunakan. Strategi promosi dilakukan dengan personal selling yakni dengan menawarkan langsung ke konsumen, selain itu juga menggunakan media sosial seperti facebook dan whatssap. Dan terakhir untuk strategi tempat atau distribusi, UKM manisan pepaya ini menerapkan distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, UKM, Omzet Penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, UKM, Omzet Penjualan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: WIDIA ASKIATUL UMAROH sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 23:38
Last Modified: 24 Jun 2022 23:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14557

Actions (login required)

View Item View Item