METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N 2 KARANG JENGKOL KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rokhaniah, 1123304116 (2015) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N 2 KARANG JENGKOL KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Rokhaniah_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N 2 KARANG JENGKOL KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran. Pemilihan metode yang tepat diharapkan tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan dapat terlaksana dengan optimal.Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dipakai dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, tetapi penerapanya tidak bisa sembarang dilaksanakan, tergantung dari beberapa hal diantaranya keadaan siswa, keadaan sarana dan prasaran dan lain sebagainya. Variasi metode pembelajaran dan metode-metode apa saja yang cocok digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode-metode apa saja yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam Di SD N 2 Karang Jengkol Kec. Kutasari Kab. Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama serta siswa siswi SD N 2 Karang Jengkol Kec. Kutasari Kab. Purbalingga tahun pelajaran 2014/2015. Data primer diperolah melalui wawancara mendalam dengan guru Pendidikan Agama Islam dan dilanjutkan dengan observasi secara langsung ke lokasi penelitian dan dokumentasi kegiatan-kegiatan pembelajaran PAI. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam dan obyek penelitiannya adalah metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SD N 2 Karang jengkol diantaranya adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi, demonstrasi, penugasan, sosiodrama, dan pembiasaan. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Metode Pembelajaran Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 02 Nov 2016 08:02
Last Modified: 02 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1439

Actions (login required)

View Item View Item