TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MENIKAH TANPA ANAK ATAU CHILDFREE (Studi Kasus Konten Kreator Youtube Gita Savitri Devi)

Mumtazah, Mumtazah (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MENIKAH TANPA ANAK ATAU CHILDFREE (Studi Kasus Konten Kreator Youtube Gita Savitri Devi). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mumtazah_Tinjauan Hukum Islam Terhadap Keputusan Menikah Tanpa Anak atau Childfree (Studi Kasus Konten Kreator Gita Savitri Devi).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Youtube merupakan sarana media sosial yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi berupa audio visual dan tayangan video yang dibuat oleh pembuat konten atau biasa disebut konten kreator, salah satunya adalah Gita Savitri Devi. Pada salah satu tayangan konten Youtube, Gita dengan kerabatnya membahas perihal relationship, pernikahan sampai dengan anak. Kemudian pada pertengahan tayangan video tersebut Gita menyebutkan bahwa dirinya dan suaminya memutuskan untuk tidak memiliki anak atau childfree. Unggahan tersebut menuai banyak pro dan kontra, sehingga penonton bertanya-tanya bagaimana hukumnya dalam Islam apabila pasangan suami istri memutuskan untuk tidak memiliki anak. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam apa alasan Gita Savitri Devi dan suaminya memutuskan untuk childfree dan bagaimana hukumnya dalam Islam. Penelitian ini termasuk penelitian studi kepustakaan (library research), dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif, dimana permasalahan yang terjadi dikaitkan dengan norma-norma hukum Islam. Sumber data primer dalam penelitian ini berasal dari rekaman video di Youtube yang berisi tentang alasan dan keputusan Gita Savitri Devi memilih untuk childfree, sedangkan sumber data sekundernya berasal dari literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan cara dokumentasi berupa pengambilan data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alasan Gita Savitri Devi dan suaminya memutuskan childfree karena alasan finansial dan alasan pendidikan akademik. Menurut pengakuannya, memiliki anak tidak hanya sekedar melahirkan tetapi juga harus dipersiapkan untuk menciptakan anak yang berkualitas sehingga membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Dalam hukum Islam perkawinan memiliki beberapa tujuan, salah satunya adalah untuk mendapatkan keturunan (hifẓ an-nasl). Oleh sebab itu, apabila pasangan suami istri menikah dan memutuskan dengan sengaja untuk tidak memiliki anak maka keputusan ini bertentangan dengan hukum Islam. Kata Kunci: Hukum Islam, Childfree, Gita Savitri Devi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Childfree, Gita Savitri Devi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Mumtazah Mumtazah sdri
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:45
Last Modified: 24 Jun 2022 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14337

Actions (login required)

View Item View Item