STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N I BINORONG BAWANG BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

JONI AGUS TRIYONO, 072338118 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N I BINORONG BAWANG BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Joni Agus T_STRATEGI PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di SD N I Binorong Bawang Banjarnegara strategi dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan faktor penting dalam menunjang tercapainya tujuan pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Alasan mengapa strategi tersebut diterapkan di SD tersebut, terutama pada pembelajaran Pendidikan Agmaa Islam (PAI) adalah agar kegiatan belajar mengajar, guru tidak hanya ceramah sendiri, namun melibatkan siswa untuk kreatif serta mengembangkan potensi secara optimal sehingga dapat dimanfaatkan untuk dirinya sendiri dan bagi orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD N I Binorong Bawang Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014? Dengan tujuan untuk Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran PAI di SD N I Binorong Bawang Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014, selain itu tujuannya adalah untuk Mendeskripsikan pengembangan pembelajaran PAI di SD N I Binorong Bawang Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014 Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan kualitatif Yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga/gejala tertentu. Dalam melaksanakan penelitian menggunakan metode triangulasi, yaitu metode dokumentasi, wawancara, observasi dan angket, dari ketiga metode tersebut peneliti berhasil mendapatkan informasi yang akuran terkait dengan judul yang diambil. Adapun Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui penerapan stategi pembelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri I Binorong dalam pembelajaran Pendidikan Agama islam (PAI), diantara strategi pembelajaran yang digunakan di SD N I Binorong adalah strategi indek card mach, strategi card sort, dan think pair share. Strategi indek card match diterapkan pada materi Sifat wajib bagi allah dan pada materi mengenal huruf al-Qur’an, yang kedua strategi Card Sort strategi ini, diterapkan guru pada siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dilaksanakan untuk menerangkan materi asmaulhusna,. Strategi yang selanjutnya yatu strategi think pair share, yang diterapkan pada materi tentang pengertian malaikat dan nama-nama malaikat strategi picture and picture diterapkan pada materi wudhu, strategi Everyone is a teacher here diterapkan pada materi kisah nabi muhammad, dan strategi mind map (peta pikiran diterapkan pada materi ilmu tajwid. Kata Kunci : Strategi Pembelajaraan dan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 01 Nov 2016 08:03
Last Modified: 01 Nov 2016 08:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item