WAHYU KURNIAWAN, 102335051 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJARMATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM(SKI) MATERI POKOK AKHIR KHAYAT NABI MUHAMMAD SAW MENGGUNAKAN METODE ARTIKULASI PADA KELAS VMI MA’ARIF NU 02 KALIWEDI KECAMATAN KEBASEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Wahyu Kurniawan_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Sejarah kebudayaan Islam yang diajarkan di SD/MI sangatlah penting diberikan kepada siswa. Hal tersebut dapat membangun kesadaran siswa tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma yang telah dibangun oleh Rosulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam serta mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami sejarah islam. Namun, dalam pelaksanaanya masih ada kendala yaitu sering sekali SKI dianggap membosankan oleh siswa, dan guru sering mengalami permasalahan dalam melakukan proses pembelajaran yang mengakibatkan nilai mata pelajaran SKI rendah. Permasalahan yang dihadapi guru SKI di MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi adalah pembelajaran belum menggunakan metode yang menarik perhatian siswa. Salah satu cara yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Akhir Khayat Nabi Muhammad SAW adalah dengan menggunakan metode Artikulasi dalam pembelelajarannya. Dimana metode Artikulasi akan menjadikan pembelajaran lebih menarik perhatian siswa dan siswa lebih memperhatikan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatakan hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Akhir Khayat Nabi Muhammad SAW di kelas V MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas (classroom action research) bersifat kolaboratif.Obyek penelitiannya adalah pembelajaran SKI materipokok Akhir Khayat Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan metode artikulasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi dengan jumlah10 siswa. Metode pengumpulan data di peroleh dari tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Perolehan hasil ditiap siklusnya itu pada siklus I terdapat 5 siswa yang tuntas atau 50%, ketuntasan belajar pada siklus II menjadi 8 siswa atau 80% dari 10 jumlah keseluruhan siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Akhir Khayat Nabi Muhammad SAW di MI Ma’arif NU 02 Kaliwedi Tahun Pelajaran 2014/2015 Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Metode Artikulasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 07:53 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 07:53 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1428 |
Actions (login required)
View Item |