Implementasi Metode Qiro'ah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di TPQ Nurul Huda Desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga

Citra, Deviyanti (2022) Implementasi Metode Qiro'ah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di TPQ Nurul Huda Desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Citra Deviyanti_Implementasi Metode Qiro'ah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di TPQ Nurul Huda Desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam yang berfungsi sebagai petunjuk dan pedoman dalam hidup, maka dalam membaca Al-Qur’an harus dipelajari dari huruf-hurufnya sampai pada hukum bacaanya. Dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an metode merupakan hal yang sangat penting dan ada beberapa metode yang sudah diterapkan untuk mempermudah dalam pengajaran. Metode dipilih sebagai jembatan dan media transformasi pelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Implementasi Metode Qiro’ah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Huda Desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) karena data yang dibutuhkan berada di lapangan. Penelitian ini memiliki sifat penyusunan deskriptif dan jenis datanya adalah kualitatif. Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah metode qiro’ah sedangkan subjek penelitiannya adalah kepala TPQ Nurul Huda, ustadz/ustadzah, wali santri dan santri TPQ Nurul Huda. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan untuk penelitian, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk kevaliditasan data penulis menggunakan uji kredibilitas yang dilakukan adalah triangulasi sumber, yaitu cara mengecek data yang diperolah melalui beberapa sumber dan trangulasi teknik yaitu cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa implementasi metode qiro’ah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dilakukan dengan beberapa tahapan pembelajaran yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam tahap persiapan guru terlebih dahulu melakukan diklat metode qiro’ah untuk mengenalkan huruf hijaiyah dengan buku qiro’ah. Sedangkan dalam tahap pelaksanaan terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir dengan sistem klasikal dan privat. Tahap evaluasi guru melakukan evaluasi harian dengan kartu control qiro’ah dan evaluasi akhir dengan sistem privat untuk mengetahui sejauh mana pemahaman santri mempelajari Al-Qur’an. Kata Kunci: Implementasi, Metode Qiro’ah dan Pembelajaran Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Qiro'ah, Pembelajaran Al-Qur'an
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Citra Deviyanti sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:47
Last Modified: 23 Jun 2022 07:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14234

Actions (login required)

View Item View Item