PendekatanContextual Teaching and Learning (CTLl)dalamPembelajaranFiqh Di MTs Ma’arifArgopeni Ayah Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015.

Arif Prihantoro, 072331026 (2015) PendekatanContextual Teaching and Learning (CTLl)dalamPembelajaranFiqh Di MTs Ma’arifArgopeni Ayah Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (955kB) | Preview
[img] Text
Arif P_PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI MTs MA’ARIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaanPendekatan Contextual Teaching and Learning (CTLl) dalam Pembelajaran Fiqh Di MTs Ma’arif Argopeni Ayah Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015.Problematika pembelajaran Fiqh antara lain faktor pendidik, peserta didik, dan internal madrasah. Faktor pendidik seperti belum maksimalnya penggunaan Pendekatan dan metode pembelajaran. Pembelajarancenderungbersifatteacher centered, disamping itu variasi mengajar belum dibarengi dengan cara-cara belajar yang menyenangkan. Faktor peserta didik antara lain, sebagianpeserta didik adayang belum mampu membaca Al Qur’an atau huruf Arab. Adapun masalah yang menjadi fokus kajian adalah (1) Bagaimana Penggunaan PendekatanContextual Teaching and Learning(CTL)dalam Mata Pelajaran Fiqh di MTs Ma’arif ArgopeniAyah?(2) Apa saja dampak penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL)dalam Mata Pelajaran Fiqh di MTs Ma’arifArgopeniAyah? Berdasarkanteori, CTL adalahContekstual Teaching and Learning (CTL) adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada belajar secara kelompok untuk mampu menemukan suatu konsep yang dihubungkan dengan kehidupan nyata. Penerapan CTL adalahPembelajaran berbasis problematik, memanfaatkan lingkungan peserta didik untuk memperoleh kegiatan pembelajaran, memberikan aktivitas kelompok, membuat aktivitas belajar mandiri, membuat aktivitas belajar bekerja sama dengan masyarakat. PenelitianiniadalahPenelitianKualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti menggunakan Analisis sintesadalam menyelidiki suatu fenomena mengenai bagaimana Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Fiqh Di MTs Ma’arif Argopeni Ayah Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015, implementasi, dampak dan hasilnya. Kesimpulan hasil penelitian menyebutkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran CTL dalam mapel Fiqh dilaksanakan melalui persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi.Pelaksanaan pembelajaran dilakukan di lapangan (perpustakaan) dan lingkungan sekolah serta di kelas.Secara umum, Metode yang digunakan dalam pembelajaran mapel Fiqh adalah ceramah, tanya jawab, penugasan. Dampak penggunaan pendekatan CTL dalam mapel Fiqh adalah meningkatnya minat baca, kerja sama antar siswa, tanggungjawab, dan jalinan komunikasi siswa dengan warga sekolah atau masyarakat. Kata Kunci: Metode CTL,Pembelajaran, MapelFiqh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 31 Oct 2016 04:26
Last Modified: 31 Oct 2016 04:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item View Item