IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKHLAK MENUNTUT ILMU DALAM KITAB ALALA DI TPQ DARUL HIKMAH WIRASABA PURBALINGGA

Fia Dwi, Nuraeni (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKHLAK MENUNTUT ILMU DALAM KITAB ALALA DI TPQ DARUL HIKMAH WIRASABA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fia Dwi Nuraeni_Implementasi Pemeblajaran Akhlak Menuntut Ilmu dalam Kitab Alala di TPQ Darul Hikmah Wirasaba Purbalingga.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Implementasi merupakan suatu proses, kebijakan, atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampak, baik perubahan pengetahuan, maupun nilai dan sikap. Pembelajaran Akhlak merupakan salah satu bidang kajian ilmu agama Islam yang membahas persoalan akhlak dari berbagai aspek kehidupan, baik hubungan antar sesama manusia, maupun hubungan manusia dengan Tuhan-Nya, sehingga dalam proses penanaman nilai-nilai hukum Islam, dibutuhkan tempat yang berperan dalam peningkatan pemahaman agama Islam, salah satu tempat yang berperan dalam peningkatan pemahaman Islam adalah pada lembaga pendidikan Islam yang disebut TPQ, TPQ Darul Hikmah Wirasaba adalah lembaga pendidikan Islam yang menyelenggarakan pembelajaran akhlaq dengan bersumber pada penggunaan kitab kuning. Kebijakan ini dilandasi semangat untuk melestarikan nilai luhur kitab kuning sebagai sumber kajian Islam. Tujuan diselenggarakannya penelitian di TPQ Darul Hikmah Wirasaba Purbalingga adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran akhlaq dengan kitab Alala dari segi perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pembelajaran akhlaq dalam kitab Alala. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran akhlaq di TPQ Darul Hikmah Wirasaba Purbalingga meliputi beberapa kegiatan diantaranya adalah merumuskan dan menetapkan tujuan pembelajaran serta mempersiapkan materi pelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran akhlaq di TPQ Darul Hikmah Wirasaba Purbalingga menitikberatkan pada kemampuan Ustadz dalam menyampaiakan materi dengan menggunakan metode, ceramah, dan keteladanan (3) evaluasi pembelajaran akhlaq dilaksanakan dengan aspek penilaian harian dan penilaian akhir semester dalam bentuk tes lisan. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Akhlaq, Kitab Alala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Akhlak, Kitab Alala
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fia Dwi Nuraeni sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:40
Last Modified: 23 Jun 2022 07:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14222

Actions (login required)

View Item View Item