PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS PRODUK MASKER KAIN DI ERA PANDEMIC COVID-19 (STUDI KASUS TOKO MASKER PICANOS, LEDUG PURWOKERTO)

Shofiyani, Yusuf (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS PRODUK MASKER KAIN DI ERA PANDEMIC COVID-19 (STUDI KASUS TOKO MASKER PICANOS, LEDUG PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN PROF.KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SHOFIYANI YUSUF - PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS PRODUK MASKER KAIN DI ERA PANDEMI COVID-19.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi Pemasaran Syariah adalah suatu ilmu kedisiplinan dalam bisnis yang bertujuan pada penciptaan, penawaran, perubahan nilai yang bersifat menyeluruh melalui metode yang telah ditentukan berdasarkan prinsip nilai-nilai syariah islami. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan sebuah perusahaan atau pabrik secara menyeluruh. Pada dasarnya, bagi umat Islam Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kita bagaimana sistem pemasaran Islami. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk bisa mempertahankan usaha bisnis produk masker di era pandemic covid-19 supaya bisa tetap terus berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah yang diterapkan pada Toko Masker Picanos, Ledug Purwokerto dan lebih khususnya pada penerapan syariah dalam mempertahankan bisnis produk masker selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yatu studi yang diterapkan dengan pendeskripsian dari kasus yang dihasilkan dengan menggunakan kata-kata yang jelas. Sumber data yang digunakan adalah dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang mana menjelaskan terkait hasil yang didapatkan. Metode pengumpulan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam uji keabsahan data pada penelitian ini adalah menggunakan uji Perpanjangan pengamatan, Triangulasi sumber, Triangulasi teknik dan Penambahan Referensi yang kemudian dari uji tersebut telah memberikan kejelasan bahwa data ini telah sesuai. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penerapan strategi pemasaran syariah dalam mempertahankan bisnis produk masker kain sudah dikatakan baik. Walaupun berbeda dari tingkat penjualan tahun 2020 mengalami kenaikan drastis dengan tahun selanjutnya mengalami penurunan. Namun Toko Picanos ini mampu meningkatkan kembali walaupun tidak melonjak daripada tahun 2020 pada saat pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Syariah, Bisnis, Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Shofiyani Yusuf sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:31
Last Modified: 23 Jun 2022 07:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14201

Actions (login required)

View Item View Item