IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PESANTREN DI SMP MA'HAD DARUSSA'ADAH GUNUNGLURAH CILONGOK BANYUMAS

Yum'na, Mukhbitah (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PESANTREN DI SMP MA'HAD DARUSSA'ADAH GUNUNGLURAH CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yum'na Mukhbitah_Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren Di SMP Ma'had Darussa'adah Gununglurah Cilongok Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agma Islam di sekolah sangat berpengaruh pada kepribadian peserta didik. Karena anak mudah terpengaruh oleh teknologi yang semakin canggih. Untuk itu anak-anak dan remaja perlu dibimbing dan dibina akhlaknya agar dapat berperan sebagai generasi muda yang berguna baik bagi nusa, bangsa dan agama. Pendidikan di sekolah Berbasis Pesantren merupakan model pendidikan integrasi yang menggabungkan pelaksanaan sistem persekolahan yang mengembangkan kemampuan umum dan keterampilan dengan pelaksanaan sistem pesantren yang mengembangkan sikap dan praktik keagamaan, peningkatan moralitas dan kemandirian dalam hidup. Penelitian ini menyajikan hasil penelitian tentang Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di SMP Ma’had Darussa’adah Gununglurah Cilongok Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam menggumpulkan data, penulis melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan kemudian penulis olah dengan menggunakan analisa deskriptif analisis. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pesantren tentu berbeda dengan sekolah umum pada umumnya karena di sekolah berbasis pesantren ini lebih menekankan pada materi pendidikan agama Islam yang mendalam serta kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilakukkan setiap harinya. Tujuannya agar peserta didik dapat memiliki pemahaman tentang agama Islam yang mendalam selain itu agar mencetak peserta didik yang berakhlakul karimah dengan mengamalkan ilmu keagamaan untuk kehidupan sehari-hari. Pembelajaran menggunakan metode yang beragam karena pembelajaran PAI itu memiliki karakteristik yang berbeda. Diantara metode-metode yang digunakan adalah metode ceramah, metode diskusi, metode Tanya jawab, metode pembiasaan. Sedangkan media yang digunakan oleh guru yaitu buku paket guru dan siswa, LCD Proyektor,lingkungan sekitar dan papan tulis. Evaluasi pembelajaran dengan tes tertulis seperti PTS,PAT, Remidial, Pengayaan, dan Tes Lisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Berbasis Pesantren
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yum'na Mukhbitah sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:18
Last Modified: 23 Jun 2022 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14184

Actions (login required)

View Item View Item