IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI MA’ARIF NU SIDABOWA KECAMATAN PATIKRAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

AHMAD YUSUF, 102335086 (2015) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI MA’ARIF NU SIDABOWA KECAMATAN PATIKRAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
Ahmad Yusuf_IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)

Abstract

Dalam pembelajaran IPA, permasalahan yang muncul adalah bagaimana agar pembelajaran dan penyajian konsep IPA menyenangkan bagi siswa. Khususnya siswa tingkat dasar, tentunya dengan tidak melupakan tujuan pembelajaran IPA itu sendiri. Masih banyak peserta didik yang takut dan tidak menyukai pelajaran IPA. IPA dianggap sebagai pelajaran yang sulit, tentunya masalah tersebut akan berimbas pada hasil belajar siswa disekolah. Untuk suatu keberhasilan dalam pembelajaran, khususnya mata pelajaran IPA adalah salah satunya dengan menggunakan Pendekatan Contextual teching and learning (CTL). Contextual teching and learning (CTL) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dipelajari dengan penerapan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Proses belajar mengajar berpendekatan Contextual teching and learning (CTL) menuntut siswa untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang mereka miliki, dan hal itu membuat siswa berperan aktif ketika proses belajar mengajar berlangsung. Jenis pnelitian ini adalah peneliti lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru IPA kelas V, siswa kelas V, dan kepala madrasah. Adapun sumber data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa bahwa metode pembelajaran IPA yang digunakan oleh guru kelas V di MI Ma’arif NU sidabowa, meliputi: Metode Ceramah, Demonstrasi, Tanya jawab, Kerja kelompok, Pemodelan, Karyawisata, dan Diskusi. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru memvariasikan beberapa metode sehingga menjadi satu bagian. Mengkombinasikan bermacam-macam metode pembelajaran dengan tujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai SK danKD, serta kondisi siswa. Dalam pembelajaran guru melibatkan siswa untuk aktif dalam proses berfikir dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Contextual teching and learning (CTL), Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 29 Oct 2016 01:35
Last Modified: 29 Oct 2016 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1409

Actions (login required)

View Item View Item