PENDAYAGUNAAN MODAL SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA SD AL-IRSYAD 2 PURWOKERTO

Tutuk, Ningsih (2016) PENDAYAGUNAAN MODAL SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA SD AL-IRSYAD 2 PURWOKERTO. Laporan Penelitian. IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dr. Tutuk Ningsih, MPd._PENDAYAGUNAAN MODAL SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA SD AL-IRSYAD 2 PURWOKERTO.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: l pendayagunaan modal sosial dalam pendidikan karakter berbasis religius pada proses pembelajaran melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler dan budaya sekolah 2. pendayagunaan modal sosial ditinjau dari aspek kebersamaan dan kerjasama dalam proses pembelajaran pendidikan karakter berbasis religius 3 pendayagunaan modal sosial ditinjau dari aspek solidaritas toleransi dalam proses pembelajaran pendidikan karakter berbasis religius di SD Al-Irsyad Purwokerto Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interviu dna dokumentasi. Tehnik analisa yang digunakan adalah tehnik deskriptif yaitu dengan cara menjelaskan temuan data yang mengarah pada pemecahan masalah. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebgai berikut; 1. Modal sosial dalam pendidikan karakter religius melalui kegiatan PBM (intrakurikuler) memiliki peran yang sangat penting dan positif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik di SD Al Irsyad 02 Purwokerto. b.Kegiatan Ekstrakurikuler dalam modal sosial Pendidikan Karakter religius dalam Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan sekolah dalam rangka membina potensi dan kompetensi peserta didik.. Kegiatan ekstrakurikuler memiliki peran yang positif dalam mendukung proses penanaman nilai-nilai karakter warga sekolah, baik malalui kegiatan yang berkaitan dengan sosial keagamaan maupun sosial kemasyarakatan. c. Budaya Siswa SD Al Irsyad Al Islamiyah 02 Purwokerto dirangkum dalam 8 aspek. 2. Pendayagunan modal sosial ditinjau dari kebersamaan dan kerjasamaKegiatan pembelajaran sehari hari di SD Al Irsyad 02 selalu dilandasi nilai-nilai religius siswa setiap pagi berdoa bersama dan berzikir bersama dan tadarus bersama-sama sebelum melaksanakan pembelajaran kebersamaan yang dilakukan bersama-sama membuat kekompakan yang tulus ikhlas dan disiplin yang tinggi sehingga kebersamaan yang dilakukan akan menghasilkan sesuatu yang positif yang seperti halnya zikir bersama, yang akan membentuk karakter siswa yang religius. 3.Pendayagunaan modal sosial disekolah ditinjau dari aspek solidaritas dan toleransi dalam pendidikan karakter merupakan kegiatan sosial yang ada disekolah seperti open hause di SD Al Irsyad 02, diadakan setiap tahun di semester dua tujuannya yaitu utuk syiar dan promosi ke mayarakat luas. Kegiatan ini untuk memperkenalkan SD Al Irsyad 02, dimana sekolah ini adalah sekolah berbasis religius dan berkarakter yang slogannya “sekolah sang juara” dimana sekolah ini banyak mencetak sang juara baik juara internasional, nasional dan kabupaten. Dan mengajarkan siswa untuk mempunyai sifat sosial.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: modal sosial, karakter dan religius
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:50
Last Modified: 25 Mar 2021 14:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

View Item View Item