EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BTA PPI DI PESANTREN MITRA UIN SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO (Studi Kasus Mahasiswa PAI di Pondok Pesantren Modern El-Fira)

Ahlusia, Sholikha (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BTA PPI DI PESANTREN MITRA UIN SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO (Studi Kasus Mahasiswa PAI di Pondok Pesantren Modern El-Fira). Skripsi thesis, UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V-Daftar Pustaka.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ahlusia Sholikha_Efektivitas Pembelajaran BTA PPI di Pesantren Mitra UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto (Studi Kasus Mahasiswa PAI di Pondok Pesantren Modern El-Fira).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto memiliki tujuan mewujudkan masyarakat yang religius, kreatif, produktif dan berkomitmen terhadap nilai-nilai Pendidikan Agama Islam serta dapat menghasilkan lulusan profesional yang kompetitif di bidang Pendidikan Agama Islam yang Integratif. Untuk membentuk dinamika tersebut, maka mahasiswa harus menguasai kompetensi dasar baca tulis Al-Qur’an dan praktik pengamalan ibadah secara lebih mendalam. Untuk memenuhi tuntutan akademis tersebut, maka UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto menyelenggarakan pembinaan BTA PPI bagi seluruh mahasiswa UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto melalui program pesantrenisasi. Penulis ingin mengetahui sejauh mana pembinaan BTA PPI telah dicapai oleh mahasiswa UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto khususnya di Pondok Pesantren Modern El-Fira. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus (Case Study Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik snowball sampling, yaitu suatu metode untuk mengidentifikasi, memilih dan mengambil sampel dalam suatu jaringan atau rantai hubungan yang menerus, di mana sempel diperoleh melalui proses bergulir dari satu responden ke responden lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran BTA PPI di Pondok Pesantren Modern El-Fira sudah efektif. efektivitas tersebut ditunjukkan melalui proses pembelajaran yang sistematis dan hasilnya menunjukkan bahwa 80% santri lulus BTA PPI setiap periodenya. Kesimpulannya faktor efektivitas pembelajaran BTA PPI di Pondok Pesantren Modern El-Fira dipengaruhi oleh proses pembelajaran, kompetensi yang dimiliki pendidik, kemampuan santri dalam mengolah materi pembelajaran, keaktifan santri dalam mengikuti seluruh kegiatan di pondok pesantren. Semua komponen tersebut jika dilakukan dengan baik maka akan menghasilkan pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, BTA PPI, Pondok Pesantren Modern El-Fira.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Ahlusia Sholikha
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:52
Last Modified: 07 Jun 2022 02:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13719

Actions (login required)

View Item View Item