PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI BENDA-BENDA LANGIT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SEMESTER II DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MUKHOLIFAH, 1123306052 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI BENDA-BENDA LANGIT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SEMESTER II DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (30MB) | Preview
[img] Text
Mukholifah_PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas yang membahas tentang pengunaan media gambar pada mata pelajaran IPA materi benda-benda langit sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa Kelas I MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Apakah dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi “Benda-Benda Langit” pada Siswa Kelas I Semester II di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Benda-Benda Langit dengan menggunakan media gambar di kelas I Semester II MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MI Ma’arif NU Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data kuanitatif terdiri dari rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi benda-benda langit Kelas I Semester II di MI Ma’arif NU 1 Longgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat pada nilai hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari pre test sampai siklus terakhir (siklus 2) menunjukkan peningkatan dari 46,15% siswa yang tuntas menjadi 92,31% siswa yang tuntas atau meningkat sebesar 46,15% atau sebanyak 12 siswa. Selain itu, rata-rata kelas juga meningkat dari 65,00 pada pra siklus, meningkat menjadi 80,77 pada siklus 2, atau meningkat sebesar 15,77. Kata Kunci : Media Gambar, Hasil Belajar, IPA, Benda Langit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 27 Oct 2016 01:19
Last Modified: 27 Oct 2016 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item View Item