PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURANPANJANG DAN BERAT MELALUI MEDIA ”BENDA KONKRIT” PADA SISWA KELAS II SEMESTER II MI MUHAMMADIYAH KEDUNGJAMPANG KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Aris Setiyanto, 102336048 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURANPANJANG DAN BERAT MELALUI MEDIA ”BENDA KONKRIT” PADA SISWA KELAS II SEMESTER II MI MUHAMMADIYAH KEDUNGJAMPANG KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
ARIS SETIYANTO_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Selain metode, media pembelajaran merupakan hal yang memberikanpengaruh yang tidak sedikit pada keberhasilan belajar mengajar, terutama pada pembelajaran Matematika. Namun, selam ini guru cenderung tidak menggunakan media didalam proses pembelajaranya sehingga lingkungan belajar siswa menjadi kurang menyenangkan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh seorang guru dalam menghadirkan lingkungan belajar yang menyenangkan adalah dengan menggunakan media benda konkrit sebagai media pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan Media benda konkrit adalah proses pembelajaran dengan menghadirkan/memperlihatkan langsung benda secara nyata. Begitu juga dalam pembelajaran Matematika pada pokok bahasan pengukuranpanjangdanberat yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang meningkatkan hasil belajar Matematika materi pokok pengukuran panjang dan berat di kelas II Mi Muhammadiyah Kedungjampang Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga melalui media Benda Konkrit. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Urutan kegiatan kegiatan penelitian mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis meggunakan tehnik wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengukuran tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisis penulis\ menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan tehnik triagluasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media benda konkrit terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II semester II pokok bahasan pengukuran di MI Muhammadiyah Kedungjampang Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Hal ini dapat dilihat pada lembar hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari pre-test sampai siklus II menunjukan peningkatan dari rata-rata 58 menjadi 72,1 atau prosentasenyadari 21,05% menjadi 73,70%. Kata Kunci : Media Benda Konkrit, Hasil Belajar, PengukuranPanjangdanBerat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 18 Oct 2016 01:07
Last Modified: 18 Oct 2016 01:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item