PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT ONLINE (FINTECH) (Studi Pada Aplikasi Akulaku)

RIZQI, SETIYAWAN (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT ONLINE (FINTECH) (Studi Pada Aplikasi Akulaku). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAEFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RIZQI SETIYAWAN-PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT ONLINE (FINTECH) (Studi Pada Aplikasi Akulaku).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini didominasi oleh pengguna teknologi informasi. Keputusan pengambilan kredit merupakan kegiatan individu. Keputusan pengambilan kredit di pengaruhi oleh beberapa faktor. Menurut Malik dan Rahmadi keputusan pengambilan kredit secara online dalam fintech akan tumbuh dengan baik apabila penyedia jasa mampu menjaga kepercayaan yang telah diberikan konsumen. Keamanan di dalam usaha fintech juga tidak kalah pentingnya, Park dan Kim sendiri mendefinisikan security atau keamanan sebagai kemampuan toko online dalam melakukan pengontrolan dan penjagaan keamanan atas transaksi data. Faktor lainnya yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan kredit online (Fintech) adalah persepsi risiko (perceived risk). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, keamanan, dan persepsi risiko terhadap keputusan pengambilan kredit online (fintech) di Aplikasi Akulaku. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini bersifat infinite (tidak terbatas) karena jumlah populasi yang tidak diketahui secara pasti. Sehingga ditetapkan 100 orang responden yang dijadikan sebagai sampel yang mengacu pada teori Cooper, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode yang digunakan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statictical Product and Service Solution) Versi 25.0. Berdasarkan pengujian statistik secara parsial (uji t) menyatakan secara parsial kepercayaan, keamanan dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit online. Berdasarkan pengujian secara simultan (uji F) menyatakan secara simultan variabel kepercayaan, keamanan dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit online. Hasil output nilai R square dari model regresi yang terbentuk dalam penelitian ini adalah sebesar 0.604 atau 64,4%, sisanya 39,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fintech, Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, Keputusan Pengambilan Kredit
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: RIZQI SETIYAWAN
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:01
Last Modified: 07 Apr 2022 06:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13444

Actions (login required)

View Item View Item