METODE PEMBELAJARAN HAFALAN JUZ ‘AMMA PADA SISWA DI SD NEGERI 1 KARANGKEMIRI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS

Ibnu Yogi Pramono, 102338117 (2016) METODE PEMBELAJARAN HAFALAN JUZ ‘AMMA PADA SISWA DI SD NEGERI 1 KARANGKEMIRI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text
IBNU YOGI PRAMONO_METODE PEMBELAJARAN HAFALAN JUZ ‘AMMA PADA SISWA DI SD NEGERI 1 KARANGKEMIRI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Metode Pembelajaran Hafalan Juz „amma Pada Siswa di SD Negeri 1 Karangkemiri. Hal yang menarik di sekolah ini adalah adanya penerapan macam-macam metode pembelajaran hafalan juz „amma yang pada umumnya jarang ada di SD. Untuk itu penulis tertarik untuk mengetahui “Bagaimana penerapan Metode Pembelajaran Hafalan Juz „amma Pada Siswa di SD Negeri 1 Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana penerapan Metode Pembelajaran Hafalan Juz „amma Pada Siswa di SD Negeri 1 Karangkemiri. Diperlukan metode pembelajaran hafalan al-Qur‟an khususnya Juz „amma yang sistematis untuk menunjang keberhasilan mereka dalam menghafalnya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah metode apa yang digunakan dalam pembelajaran hafalan Juz „amma di SD Negeri 1 Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas, bagaimana keberhasilan metode pembelajaran hafalan Juz „amma yang dicapai oleh siswa di SD Negeri 1 Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas, serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan metode pembelajaran hafal Juz „amma di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara kritis tentang penerapan metode pembelajaran hafalan Juz „amma bagi siswa-siswi fokusnya pada kelas I, II, dan III di SD Negeri 1 Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas, dan faktor apa saja yang dapat menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode pembelajaran hafalan Juz „amma pada siswa di SD Negeri Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD Negeri 1 Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan di SD Negeri 1 Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas dalam hafalan Juz „amma yaitu : (1) Metode Tadarus, Metode tadarus adalah mengulang ulang bacaan hafalan digunakan ketika pertama kali mengawali pelajaran. (2) Metode Jami’, yaitu metode dengan cara pembimbing membacakan dan siswa-siswa menirukan. (3) Metode Sima’i, yakni metode dengan cara mendengarkan sesuatu bacaan untuk dihafalkannya. (4) Metode satu hari satu ayat atau One Day One Ayat adalah salah satu metode pembelajaran hafalan yang termudah untuk diterapkan pada usia anak-anak. Kata kunci : Penerapan Hafalan Juz „amma

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 08 Jun 2016 07:11
Last Modified: 08 Jun 2016 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item