PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS IV SEMESTER I MI MA’ARIF NU 01 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Tofik Triyono, 133911563 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS IV SEMESTER I MI MA’ARIF NU 01 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
Tofik Triyono_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode drill kelompok mata pelajaran Matematika siswa kelas IV MI Ma’arif NU 01 Karanggambas Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Untuk mendapat data yang diteliti, peneliti mengambil data dari keseluruhan sampai yang ada yaitu siswa. Adapun metode yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Kemudian dianalisis dengan membandingkan antara hasil nilai ujian pada kondisi awal sebelum perbaikan dengan hasil yang diperoleh setelah mengadakan tindakan kelas pada siklus pertama dan juga siklus selanjutnya sampai benar-benar telah mencapai tujuan yang diinginkan. Dari analisa peneliti, diketahui bahwa setelah mengadakan penelitian tindakan kelas, hasil belajar mata pelajaran matematika melalui penerapan metode drill mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil tes rata-rata peserta didik selama proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dari tiap siklus juga mengalami peningkatan. Perolehan nilai rata-rata tiap siklusnya yaitu pada siklus I diperoleh 70,00 siswa mempunyai prestasi belajar dengan kriteria cukup baik, Sedangkan pada siklus II diperoleh 88,09 siswa mempunyai hasil belajar dengan kriteria baik. Kata Kunci: hasil belajar, siswa MI Ma’arif NU 01 Karanggambas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 10 Oct 2016 00:59
Last Modified: 10 Oct 2016 00:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item