PENGARUH RELIGIUSITAS, KEPERCAYAAN, DAN PENDAPATAN TERHADAP KESADARAN MEMBAYAR ZAKAT PROFESI (STUDI KASUS ASN DI UPZ KOORDINATOR WILAYAH BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN CIMANGGU)

Via, Rizki Rahmawati (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS, KEPERCAYAAN, DAN PENDAPATAN TERHADAP KESADARAN MEMBAYAR ZAKAT PROFESI (STUDI KASUS ASN DI UPZ KOORDINATOR WILAYAH BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN CIMANGGU). Skripsi thesis, UIN saifuddin zuhri.

[img]
Preview
Text
Via Rizki Rahmawati_Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, dan Pendapatan Terhadap Kesadaran Membayar Zakat Profesi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan instrumen pendistribusian kekayaan untuk pemerataan perekonomian sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Permasalahan utama zakat di Indonesia adalah kesenjangan yang sangat besar antara potensi zakat dan realisasinya. Penghimpunan zakat yang tidak optimal disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: ketidaktahuan masyarakat mengenai kewajiban membayar zakat dan tingkat pendapatan, tingkat religiusitas, dan ketidakpercayaan muzakki terhadap Unit Pengumpul Zakat. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh religiusitas, kepercayaan, dan pendapatan terhadap kesadaran membayar zakat profesi (studi kasus ASN di UPZ Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Cimanggu). Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk pemilihan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 20 sebagai pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas, kepercayaan, dan pendapatan secara simultan berpengaruh terhadap kesadaran membayar zakat profesi. Sedangkan secara parsial religiusitas, kepercayaan, dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap kesadaran membayar zakat profesi. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) memperoleh 88,8%. Hal ini berarti 88,8% variasi minat membayar zakat profesi dapat dijelaskan oleh religiusitas, kepercayaan, dan pendapatan, sedangkan sisanya 11,2% dijelaskan oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: religiusitas, kepercayaan, pendapatan, kesadaran membayar zakat profesi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Via Rizki Rahmawati sdri
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:43
Last Modified: 25 Feb 2022 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13298

Actions (login required)

View Item View Item