KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH 07 KEJOBONG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

NOVITRI WAHYUNINGSIH, NIM. 102338110 (2015) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH 07 KEJOBONG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NOVITRI WAHYUNINGSIH_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH 07 KEJOBONG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (806kB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru disamping kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi pedagogik. Kompetensi profesional ini berhubungan dengan kemampuan guru dalam penguasaan materi secara luas dan mendalam. Di MTs Muhammadiyah 07 Kejobong ada tenaga pendidik yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Dari situlah penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs Muhammadiyah 07 Kejobong Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun tujuan dari penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang ada adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi profesional guru rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs Muhammadiyah 07 Kejobong Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, test, dokumentasi serta observasi penulis dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam di kelas. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis tentang kompetensi profesional guru rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs Muhammadiyah 07 Kejobong Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015, maka dapat disimpulkan bahwa guru rumpun pendidikan agama islam di MTs Muhammadiyah 07 Kejobong sudah memenuhi beberapa indikator kompetensi profesional dari 5 kompetensi inti yang terdapat pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kompetensi inti yang pertama terdapat 2 indikator, semuanya telah dikuasai oleh guru rumpun pendidikan agama islam. Kompetensi inti yang kedua terdapat 3 indikator, dua indikator sudah dikuasai dan satu indikator belum dikuasai oleh guru rumpun pendidikan agama islam. Kompetensi inti yang ketiga terdapat 3 indikator, semuanya sudah dikuasai oleh guru rumpun pendidikan agama islam. Kompetensi inti yang keempat terdapat 4 indikator, tiga indikator sudah dikuasai dan satu indikator lainnya belum dikuasai oleh guru rumpun pendidikan agama islam. Kompetensi inti yang kelima terdapat 2 indikator, semuanya sudah dikuasai oleh guru rumpun pendidikan agama islam di MTs Muhammadiyah 07 Kejobong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Guru rumpun Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 07 Oct 2016 03:21
Last Modified: 07 Oct 2016 03:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item