KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL DALAM FILM AISYAH BIARKAN KAMI BERSAUDARA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU

NUR, FAUZIATIN (2022) KONSEP KECERDASAN EMOSIONAL DALAM FILM AISYAH BIARKAN KAMI BERSAUDARA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Skripsi NURFAUZIATIN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru adalah seseorang yang telah di pandang sebagai contoh yang baik bagi masyarakat, terutama bagi peserta didik. namun, belakangan ini dilihat dari banyaknya berita yang memberitakan guru yang memukuli siswanya, guru yang berkelahi dengan guru lain, guru yang tidak mengontrol kemarahannya, ini sangat bersebrangan dengan pepatah jawa yang berbunyi guru yang harusnya di gugu lan ditiru. Hal ini tentunya bersimpangan antara teori dengan fakta, teori yang seharusnya guru mampu mengendalikan diri, guru memenuhi kompetensi yang telah dibuat, tetapi faktanya di lapangan, guru tidak bisa menahan amarah hingga terjadi perkelahian. Ketimpangan ini yang membuat penulis tertarik untuk meneliti masalah ini, sehingga penulis dapat mengetahui bagaimana kecerdasan emosional dapat relevan dengan kompetensi sosial guru. Penelitian ini termasuk penelirtian kualitatif dan jenis penelitian yang penulis lakukan melakukan penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode pengumpulan analisis isi , yaitu metode ilmiah untuk mempelajari dan menarik kesimpulan atas suatu fenomena dengan memanfaatkan dokumen (teks). Teknik penelitian ini ditujukan untuk membuat kesimpulan dengan cara mengidentifikasikan karakteristik tertentu pada pesan pesan yang terdapat dalam adegan dan percakapan serara sistematis dan objektif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa Film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara memiliki pesan pesan kecerdasan emosi yaitu : mampu menujukkan kesadaran diri, mampu mengatur diri, mampu memotivasi dirinya sendiri, memiliki empati dan mampu membina hubungan dengan baik. Seluruh aspek kecerdasan emosi tersebut memiliki relevansi dengan kompetensi sosial yang dimiliki guru. Bagaimana seorang guru dapat mengelola emosinya sehingga dapat berhubungan baik dengan peserta didik, sesama guru, wali murid dan dengan masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kompetensi Sosial, Film
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurfa Nurfauziatin sdri
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:40
Last Modified: 23 Feb 2022 03:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13146

Actions (login required)

View Item View Item