EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KEDARPAN KEJOBONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AHMAN SUYANTO, NIM. 092338111 (2014) EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KEDARPAN KEJOBONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AHMAN SUYANTO_EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KEDARPAN KEJOBONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 2 Kedarpan Kejobong Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014”. Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah upaya berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik dan mengarahkannya pada penghayatan dan pengamalan ajaran dan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses belajar pada siswa karena pengaruh interaksi dengan lingkungan yang direncanakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 2 Kedarpan Kejobong Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data-data berasal dari sumber primer dan sekunder dan dikumpulkan dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dalam evaluasi pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Kedarpan, dapat peneliti simpulkan bahwa pelaksanaan evaluasi sudah menggunakan prosedur evaluasi. Dalam langkah perencanaan evaluasi langkah yang dilakukan meliputi merumuskan tujuan evaluasi, menetapkan aspek yang akan dievaluasi, menetapkan teknik dan alat yang digunakan dalam evaluasi, serta menentukan kriteria yang digunakan dan menentukan frekuensi evaluasi yang akan dilakukan. Pada tahap pelaksanaan evaluasi yaitu melakukan pengukuran terhadap apa yang telah ditentukan dalam tujuan pembelajaran. Penilaian yang dilakukan meliputi pengukuran terhadap ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Semua aspek di evaluasi dengan menggunakan teknik yang berbeda. Aspek kognitif di ukur menggunakan teknik tes yaitu tes tertulis dan tes lisan. Untuk aspek afektif di evaluasi melalui teknik wawancara dan pengamatan. Tahap pengolahan hasil evaluasi menggunakan tolak ukur yang disebut KKM, KKM ditetapkan sebagai patokan penentuan tuntas atau tidaknya siswa terhadap kompetensi yang di ajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 03 Oct 2016 08:17
Last Modified: 03 Oct 2016 08:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1314

Actions (login required)

View Item View Item