PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B ERMAIN AR-RAHMAH WATUKUMPUL KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ani Choirunisa, NIM. 102338012 (2016) PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B ERMAIN AR-RAHMAH WATUKUMPUL KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ANI CHOIRUNISA_PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AR-RAHMAH WATUKUMPUL KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada dasarnya anak dilahirkan di dunia dalam keadaan fitrah. Selaras dengan teori tabula rasa milik Jonh Lock bahwa anak dilahirkan seperti kertas putih tanpa coretan. Dalam diri anak memiliki potensi-potensi yang harus dikembangkan termasuk potensi keagamaan. Untuk itu pengembangan nilai-nilai keagamaan anak sejak usia dini sangat ditekankan karena nilai-nilai yang diserap anak akan menjadi kata hati yang akan menjadi control dalam diri anak ketika dia besar kelak.. Selanjutnya yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah proses pengembangan nilai-nilai keimanan, ibadah, dan akhlak terhadap anak usia dini serta apakah yang menjadi pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pengembangan nilai-nilai keimanan, ibadah dan akhlak pada anak usia dini yang di laksanakan di Kelompok Bermain Ar-Rahmah Watukumpul Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi peneltian yaitu Kelompok Bermain Ar-Rahmah Watukumpul Kabupaten Pemalang dengan sumber primernya yaitu guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan nilai-nilai keimanan, ibadah dan Akhlak merupakan proses edukatif yang merupakan rangkaian kegiatan atau usaha sadar untuk memberikan suatu bimbingan dan pengarahan keagamaan. Ada beberapa faktor yang saling berintegrasi atau saling mempengaruhi adapun faktor tersebut adalah tujuan, materi, pendekatan dan metode. Faktor pendukung meliputi pendidik dan sarana prasarana yang baik, faktor penghambatnya ialah faktor karakter peserta didik dan lingkungan tempat tinggal peserta didik. Kata Kunci : Pengembangan, Nilai-nilai Keagaamaan, Pada Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 08 Jun 2016 06:24
Last Modified: 08 Jun 2016 06:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item